Share

“Sego Buwohan” Bojonegoro Juarai Festival Makanan Khas Daerah

Bojonegoro, 29/11 (Media Center) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro yang diwakili oleh PKK Kecamatan Balen berhasil emnyabet juara I (satu) dalam ajang lomba Festival Makanan Khas Daerah (FMKD) yang diikuti sebanyak delapan kabupaten/kota di wilayah Bakorwil Bojonegoro yang digelar di pendopo Loka Karya Kabupaten Lamongan, Rabu (28/11).

Dalam acara yang mengambil tema “Makanan Khas Daerah Mendukung Pengembangan Perekonomian di Daerah” ini, Bojonegoro menyuguhkan  menu masakan “Sego Buwohan” lengkap dengan lauk dan sayurnya.  Selain Bojonegoro yang menyabet juara I, pemenang lomba ini diantaranya adalah juara terbaik II Lamongan, juara terbaik III Jombang. Kemudian Juara harapan I diraih Kabupaten Tuban, Juara harapan II Mojokerto, Juara harapan III Nganjuk, Juara harapan IV Kota Mojokerto dan Juara harapan V Kabupaten Gresik.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jatim Ny. Gardjati Heru Tjahjono dalam sambutannya menyampaikan bahwa festival ini sebagai momentum bagi para perwakilan dari PKK kabupaten/kota untuk memarkan aneka produk UMKM, makanan khas yang dimiliki oleh masing daerah.

“ Selain itu, mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi makanan seimbang dimana pada festival ini memamerkan makanan khas yang sehat, bergizi, aman dan halal,” terangnya.

Ia menuturkan, saat ini banyak makanan yang kurang berimbang sehingga saat mengkomsumsinya banyak penyakit yang ditimbulkan oleh makanan, bahkan saat ini masyarakat lebih memilih makanan cepat saji atau instan. Darii makanan-makanan tersebut, lajutnya, banyak penyakit yang timbul terlebih lagi penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, stroke dan penyakit lainnya.

“ Biasanya penyakit itu merupakan jenis penyakit pembunuh begitu cepat, tanpa ada tanda – tanda sebelumnya,” bebernya.(*humas/mcb)

 

Leave a Comment