Share

Sejak Tahun 1996, Warga Desa Klampok Budidayakan Jamur Tiram

Hanya membutuhkan 40 hari sejak pananaman, kita sudah bisa panen

Bojonegoro (Media Center) – Sejak tahun 1996, budidaya jamur tiram menjadi usaha sampingan warga Desa Klampok, Kecamatan Kapas,Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. “Ini usaha alternatif bagi petani di sini, lumayan untuk menambah pendapatan warga,” ungkap Achmad Nurul Huda, Kepala Desa Klampok.

Menurut Huda, sudah ada 22 Kepala Keluarga (KK) yang menggeluti usaha budidaya jamur tiram di desa yang mempunyai jumlah penduduk 888 jiwa di 262 KK. Guna menjadikan Desa Klampok sebagai sentra jamur tiram, pihaknya mengaku telah membuat kebijakan khusus, yakni mewajibkan perangkat desa untuk membudidayakan jamur tiram.

Huda menjelaskan, budidaya jamur tiram mempunyai prospek yang cukup cerah secara ekonomis. “Hanya membutuhkan 40 hari sejak pananaman, kita sudah bisa panen. Terlebih kamipun tak perlu membeli bibit dari luar,” ujarnya.

Selain secara ekonomi menguntungkan, di Desa Klampok sendiri hasil budidaya jamur tiram juga digunakan untuk kegiatan sosial. “Untuk yang kurang mampu, kita sama-sama membantu dan mengajak membudidayakan, bibitnya diambilkan dari keuntungan yang ada,” tambahnya.

Mengenai pemasarannya, Huda mengaku hingga saat ini permintaan jamur tiram dari dalam kota Bojonegoro saja masih belum dapat terpenuhi dari desanya. “Dari Kota Bojonegoro permintaan rutinnya adalah 7 kuintal per panen, Desa kami hanya mampu memenuhi 20 persennya saja,” tambahnya.

Kedepannya, Huda menyatakan akan mencoba kemungkinan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pengembangan budidaya jamur tiram di desanya. (ramcb)

4 Comments on this Post

  1. ari pamudjo

    mohon informasi no telpon bapak kades klampok ahmad nurul huda berapa? terima kasih

    Reply
  2. assalamualaikum. salam kenal. saya ika, warga bojonegoro jg. saya sangat tertarik dengan usaha budidaya jamur tiram yang ada di desa klampek ini. apakah ada no kontak yg bs di hub utk berdiskusi tentang usaha budidaya ini? terima kasih.
    nb:bs lgsg k dblas k email nanti.ika@gmail.com

    Reply
  3. salam kenal. saya ika, warga bojonegoro jg. saya sangat tertarik dengan usaha budidaya jamur tiram yang ada di desa klampek ini. apakah ada no kontak yg bs di hub utk berdiskusi tentang usaha budidaya ini? terima kasih.
    nb:bs lgsg k dblas k email nanti.ika@gmail.com

    Reply
  4. Media Center Bojonegoro

    bisa datang langsung ke balai desa klampok, trims

    Reply

Leave a Comment