Share

Sekda: Seluruh SKPD Minimal Jadi Peserta Festival Bengawan Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Antusiasme yang tinggi dari masyarakat atas gelaran Festival Bengawan Bojonegoro 2015, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro memberikan apresiasi. Salah satunya datang dari Sekertariat Daerah, Soehadi Moeljono yang mengatakan bahwa seluruh instansi pemerintahan di lingkup Pemkab Bojonegoro seyogyanya mempunyai antusiasme yang tak kalah dengan masyarakat.

Disebutkan, Sekda sendiri telah mensosialisasikan Festival Bengawan Bojonegoro kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, minimal sebagai peserta dalam lomba-lomba yang bakal memeriahkan Hari Jadi Bojonegoro ke 338 tersebut.

“Telah ada beberapa SKPD yang mulai berkomunikasi dengan kami, lalu kami arahkan untuk bermitra dengan masyarakat,” ujar Wahyu Subakdiono, koordinator Parade Perahu Hias dalam Festival Bengawan Bojonegoro.

Sementara itu, sebagai pembuka gelaran tersebut, pada Hari Kamis, Tanggal 17 September mendatang, pihak pelaksana Festival Bengawan Bojonegoro 2015 bakal melakukan Ider-ider Uluk Salam Bengawan.

“Panitia induk Hari Jadi Bojonegoro bakal mengikuti rangkaian kegiatannya,” tambahnya.

Ia menyebut bahwa Hanafi selaku Ketua Panitia HJB 338 yang juga Kepala Dinas Pendidikan, Yayan Rohman selaku Sekertaris Panitia HJB 338 yang juga menjabat sebagai Asisten III Sekertariat Pemkab, serta Amir Syahid selaku Ketua Seksi Hiburan yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah menyatakan keikutsertaannya dalam ritual budaya tersebut.

Ider-ider Uluk Salam Bengawan itu sendiri bakal dibuka dengan syukuran tumpengan di Desa Padang Kecamatan Trucuk yang dilanjutkan dengan ritual budaya jawa menyampaikan salam kepada masyarakat bantaran sungai Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro.

“Akan menyusuri sungai, mulai Bendung Gerak hingga berlabuh di Taman Bengawan Solo,” jelasnya.

Selain melalui jalur air, rombongan juga akan melintasi jalur darat dengan berjalan kaki hingga berakhir di Kantor Disbudpar. Guna mengiringi seluruh rangkaian ritual ini, pihak panitia juga dibantu oleh Tim SAR Bojonegoro dan aparat kepolisian dari Polres Bojonegoro.(*mcb)

Leave a Comment