Share

Selamat Datang Banjir Fase 2 di Bojonegoro

Instruksi Bupati Bojonegoro kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Bojonegoro (Media Center) – Berdasarkan informasi BMKG dan BNPB, diprediksi banjir akan datang di  Bojonegoro mulai tanggal 10 hingga 25 Februari 2014. Banjir ini akibat air kiriman dan curah hujan lokal yg cukup lebat berkisar 201-300mm (atas normal 116-150%). Prediksi perkembangan yakni tanggal 10 Februari 2014 memasuki siaga 1, tanggal 15 Februari 2014 masuk siaga 3 dan darurat.

Untuk itu, hari ini (Selasa, 04 Februari 2014) dipaparkan ke publik rencana kesiapan menggauli  banjir dengan prediksi terburuk tinggi muka air Bengawan Solo Bojonegoro 15.60 peilschal, selama 10  hari. Ekspose dipimpin Kang Yoto dan wabup guna mendapatkan masukan kesiapan. Evaluasi didasarkan  pada formula umum hasil belajar bersama yang selama ini menjadi panduan. Fomulanya dirumuskan dalam
bentuk instruksi Bupati.

Berikut tujuh instruksi Bupati kepada BPPD:

  1. Pastikan informasi rencana banjir, kapan banjir datang, desa mana tergenang, berapa warga  terdampak, apa saja yg harus dikerjakan (warga, kelompok masyarakat, pemdes, dll).
  2. Terus lakukan evaluasi kesiapan banjir dengan melibatkan berbagai pihak untuk memastikan kesiapan dan kekurangan: barang, tempat, manusia, bahan banjiran dan aparatur.
  3. Pastikan kesiapan aksi menggauli banjir, terutama detil teknisnya.
  4. Ajukan rencana kebutuhan yang kurang. Pastikan masyarakat dapat hidup dengan baik saat banjir dan pemkab besama berbagai elemen masyarakat dapat menfasilitasi kehidupan warga terdampak.
  5. Informasikan ke publik:
    5.1. terutama warga yang akan terdampak menjelang banjir, perkembangan banjir.
    5.2 warga umum di Bojonegoro dan luar Bojonegoro yang memerlukan informasi perkembangan banjir.
  6. Terus mantapkan kordinasi dengan instansi vertikal dan semua elemen relawan bencana.
  7. Persiapkan dan laksanakan sistem informasi yang handal, cepat, cermat dan kuat.

“Air, tanah, sinar matahari adalah anugerah besar dari Allah. Sepanjang dikelola dengan baik maka ketiganya akan membawa berkah buat kehidupan ini. Kiriman banjir masih boleh datang, tapi kita harus terus bisa hidup normal dan berkembang”

Bojonegoro, 3 Feb 2014
KY

Leave a Comment