Share

Semenpinggir Kapas, Desa Terbaik se-Bojonegoro

Sedangkan untuk juara ke dua lomba desa tingkat kabupaten diraih Desa Deru, Kecamatan Sumberejo, dan Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan meraih juara III

Bojonegoro (Media Center) – Setelah melalui persaingan yang cukup sengit, Desa Semenpinggir, Kecamatan Kapas, Bojonegoro Jawa Timur, ditetapkan sebagai pemenang juara pertama lomba desa tingkat kabupaten. Semenpinggir dinilai memenuhi delapan indikator penilaian yang ditetapkan tim juri yang terdiri dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

Delapan indikator penilaian itu meliputi pendidikan masyarakat, ekonomi, kesehatan, partisipasi, kelembagaan, pemerintahan, keamanan dan ketertiban, serta pemberdayaan kesejahteraan masyarakat.

“Lomba ini diikuti 28 desa dari perwakilan 28 kecamatan. Dari hasil penilaian tim Desa Semenpinggir mendapatkan nilai tertinggi dan menjadi juara pertama,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), Ali Mahmudi dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pengembangan Pembangunan Desa/Kelurahan, Hary Susanto diruang kerjanya.

Sedangkan untuk juara ke dua lomba desa tingkat kabupaten diraih Desa Deru, Kecamatan Sumberejo, dan Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan meraih juara III. Masing-masing juara akan memperoleh piagam penghargaan dan dana stimulan untuk pembangunan desa. Rinciannya, Juara I Rp50 juta, juara II Rp30 juta dan Rp20 juta untuk juara III.

Rencananya piagam dan hadiah itu akan diserhakan bersamaan pencanangan Bulan Bakti Gotong-royong Masyarakat yang akan dilaksanakan di Lapangan Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Rabu (14/5/2014).

“Insyaallah nanti yang menyerahkan langsung Bapak Bupati Suyoto dan Ketua Tim Penggerak PKK, Bu Mahfudhoh Suyoto,” ujar Hary Sus. Ia berharap, dengan lomba desa ini mampu memotivasi desa-desa di Bojonegoro untuk terus berinovasi dalam memaksimalkan segala potensi yang ada.

“Dengan begitu nantinya desa-desa dapat mandiri dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya tanpa banyak menggantungkan dari pemerintah,” pungkasnya. (*/numcb)

1 Comment on this Post

  1. bayu mahmuda

    sebentar lagi desa purwoari akan menyusul……

    Reply

Leave a Comment