Share

Semua Puskesmas di Bojonegoro Buka Layanan 24 Jam

Bojonegoro, Media Center – Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, terus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di semua tingkatan. Termasuk pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di semua kecamatan.

Peningkatan pelayanan di puskesmas ini merupakan salah satu wujud dari 17 program prioritas Pemkab Bojonegoro.

“Peningkatan program kita itu adalah dengan memaksimalkan pelayanan rawat inap 24 jam,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bojonegoro, dr Fitri Munira Pitaloka, Kamis (5/12/2019).

Dia mengungkapkan, dari 36 Puskesmas yang tersebar di 28 Kecamatan di Bojonegoro, sebanyak 26 Puskesmas sekarang ini telah berstatus rawat inap. Sedangkan sisanya sudah memberlakukan pelayanan 24 jam.

“Termasuk untuk pelayanan ibu melahirkan ini semua Puskesmas sudah menerapkan sistem 24 jam,” tegasnya.

Selain memberikan pelayanan 24 jam, lanjut dia, peralatan kesehatan di Puskesmas secara bertahap sudah memenuhi standart. Termasuk untuk menangani kelahiran guna menekan jumlah kematian ibu dan bayi.

“Kita sekarang ini masih membutuhkan tenaga analis laboratorium dan apoteker. Sehingga, untuk mencupi hal itu tetap berupaya melakukan perekrutan,” ujarnya.

Pembangunan fisik untuk meningkatkan sarana dan prasarana puskesmas juga terus dilakukan dengan menggunakan kucuran anggaran APBD dan APBN. Sebab masalah kesehatan, lanjut wanita berhijab ini, merupakan kebutuhan dasar masyarakat dan menjadi salah satu indikator penting dalam peningkatan indeks pembangunan manusia atau IPM.

“Oleh sebab itu, kami saat ini terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat,” pungkasnya.(Dwi)

Leave a Comment