Share

‘Semut’ Sampah Antarkan SDN Dander IV Raih Adiwiyata Provinsi

Bojonegoro (Media Center) – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dander IV berhasil meraih Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim mewakili Kabupaten Bojonegoro. Prestasi membanggakan di bidang lingkungan ini tak lepas dari salah satu program yang diterapkan di sekolah tersebut, yakni Semut (Sejenak Memungut) sampah.

Program Semut Sampah ini lebih memberikan pembelajaran kepada anak-anak untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dalam program ini, para guru memberikan contoh langsung kepada para siswa untuk memungut sampah yang ditemukan dilingkungan.

“Karena sudah menjadi kebiasaan akhirnya anak-anak mengikuti sampai sekarang. Setiap ada atau menemukan sampah dilingkungan, tanpa disuruh mereka langsung memungutnya dan dimasukannya ke tempat sampah,” kata Kepala SDN Dander IV, Kusnan, Selasa (28/7).

Selain menerapkan program Semut Sampah, para siswa juga diajarkan untuk memilah dan mengolah sampah organik dan non organik. Untuk sampah organik diolah sebagai pupuk bokasi. Sedangkan untuk sampah non organik didaur ulang menjadi kerajinan maupun pot bunga.

“Untuk membangkitkan budaya lingkungan, kita juga menyelipkan pelajaran tentang lingkungan di setiap mata pelajaran,” tegas Kusnan.

Dari pengolahan pupuk organik yang dihasilkan itu dimanfaatkan untuk pemupukan kebun Pepaya Kalifornia, tanaman, dan taman.

“Kita harapkan dengan prestasi ini, nantinya sekolah ini bisa mewakili Jawa Timur ke tingkat nasional,” ucapnya lagi.

Rencananya penghargaan Adiwiyata ini akan diterimakan secara simbolis di salah satu wisata di Kabupaten Pasuruan, Kamis (30/7) nanti.

“SDN Dander IV satu-satunya SDN di Jawa Timur yang menerima penghargaan ini,” pungkas Kusanan. (dwi/*mcb)

Leave a Comment