Share

Senam Al Fatihah di Kahyangan Api Bojonegoro

Masih dalam rangkaian kunjungan dari Bentara Budaya Kompas dan Tim Pelangi, malam nanti (14/3/2014) di situs Kahyangan Api bakal digelar Senam Al Fatihah

Bojonegoro (Media Center) – Masih dalam rangkaian kunjungan dari Bentara Budaya Kompas dan Tim Pelangi, malam nanti (14/3/2014) di situs Kahyangan Api bakal digelar Senam Al Fatihah. Senam Al Fatihah merupakan karya dari Bupati Bojonegoro, Drs H Suyoto MSi, atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Kang Yoto.

Senam Al Fatihah ini diciptakan oleh Kang Yoto setelah dirinya membeli instrumen musik mandarin di Singapura. Meski telah dibeli, ternyata baru diputar dua tahun setelah beli. Kang Yoto lalu mengajak salah satu mantan kepala dinas untuk senam. Gerakan-gerakan senam diciptakan sendiri. Tiap gerakan memiliki makna yang terkandung dalam Al Fatihah. Seperti gerakan tangan membuang air, adalah taawudz. Yakni membuang setan dalam diri manusia.

Sebelumnya, Kang Yoto yang juga dikenal sebagai motivator, juga telah menulis buku berjudul Al Fatihah Codes, yakni buku yang berisi mengenai prinsip-prinsip Revolusi Diri. Rencananya, gelaran senam Al Fatihah itu sendiri bakal dimulai pada pukul 21:00 malam, yang diawali dengan kunjungan Bentara Budaya dan Tim Pelangi di kompleks wisata unggulan Bojonegoro tersebut.

Diantara rombongan yang bakal mengikuti kegiatan tersebut, terdapat nama Sys NS (Prambors dan Pendiri Partai Demokrat), Edo Kondologit (Penyanyi Jazz Nasional), Fetty Febiola (Penyanyi Nasional), Pemimpin Redaksi Kompas, dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Kahyangan Api merupakan kompleks situs yang diyakini merupakan peninggalan bersejarah jaman kerajaan majapahit. Dengan atraksi utama berupa api abadi, di tempat tersebut pernah diduga mempunyai reruntuhan sebuah kompleks bangunan menyerupai candi. (*/mcb)

Leave a Comment