Share

Sentra Bawang Merah Bojonegoro Jadi Tujuan Kunjungan

Desa Duwel merupakan salah satu desa penghasil bawang merah yang cukup besar, setiap kali panen rata-rata menghasilkan stock bawang merah sebanyak 2.000 ton

Bojonegoro (Media Center) РSetelah  ditetapkan menjadi salah satu daerah percontohan cyber extension (cybex) dan dikenal sebagai sentra penghasil bawang merah, kini Desa Duwel, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, mulai diminati sebagai lokasi tujuan pendidikan pertanian.

“Ada beberapa kali, mereka datang untuk sedikit belajar dan melihat mengenai budi daya bawang merah,” terang Mahmudi, Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Kedungadem. Pada awal tahun ini sudah beberapa kunjungan dari luar daerah diterima oleh Mahmudi, yang terakhir adalah rombongan petani dan penyuluh dari Kabupaten Tuban.

“Sama dengan kunjungan lain, intinya mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang budi daya bawang merah di Desa Duwel,” tambahnya. Selain dari daerah lain, Desa Duwel juga sering dikunjungi oleh Kepala Desa dari kecamatan lain.

Desa Duwel merupakan salah satu desa penghasil bawang merah yang cukup besar, setiap kali panen rata-rata menghasilkan stock bawang merah sebanyak 2.000 ton. Sementara itu, data dari Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, potensi stock bawang merah untuk seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro dapat mencapai 10.000 ton tiap musim panen. (*/mcb)

Leave a Comment