Share

Serapan Anggaran di Disperindag Bojonegoro 81,61%

Bojonegoro (Media Center) – Pada rapat Laporan Pertanggungjawaban dengan Panitia Khusus (Pansus) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyebutkan, serapan anggaran pada tahun 2014 sebesar 81,61%.

Kepala Disperindag Bojonegoro, Basuki, mengatakan, semua kegiatan di Disperindag telah dilakukan secara maksimal meskipun terdapat silpa. Namun, silpa tersebut dikarenakan kegiatan yang sebelumnya dianggarkan melalui APBD, yakni kegiatan pameran bagi pelaku industri telah difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian.

“Biasanya, satu stand bisa mencapai Rp 40 Juta, tapi tahun ini semua gratis. Jadi ada Rp 100 Juta yang tidak terpakai. Selebihnya terserap maksimal,” ujarnya pada kanalbojonegoro.com, Jumat (24/7).

Dia menyampaikan, anggaran yang disiapkan APBD kepada Disperindag, sebesar 70% semuanya kembali ke masyarakat melalui program-program pemberdayaan. Program tersebut diantaranya pengembangan industri kecil dan menengah, kegiatan promosi pemasaran produk, temu usaha pelaku industri.

“Bahkan untuk pengembangan industri kecil dan menengah, Bojonegoro adalah kabupaten yang paling lengkap skenarionya. Yaitu dengan adanya pelatihan, bantuan alat, promosi dan permodalan,” ujar Basuki.

Pihaknya mengatakan, untuk pelatiahan telah ada 732 orang yang mendapatkan pelatihan terutama untuk pengepakan kemasan produk makanan. Hal ini sangat menguntungkan karena  salah satu daya tarik produk selain rasa adalah kemasan.

“Kami juga mencetak 488 pelaku industri mikro yang baru dan siap bersaing saat ini di dunia industri mikro,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pansus II, Lasuri, menegaskan, program-program Disperindag perlu ditingkatkan lagi termasuk permodalan. Karena sesuai petunjuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pinjaman yang diberikan kepada masyarakat harus sesuai aturan.

“Jangan sampai kegiatan yang seharusnya mendukung kemajuan rakyat justru bermasalah dibelakang harinya,” tandas politisi asal Partai Amanah Nasional (PAN) ini.(dwi/*mcb)

Leave a Comment