Share

Sertu Supandi Sabet Juara I Motivator KB Terbaik se-Nasional

Bojonegoro, 10/7 (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, kembali mencatatkan prestasinya di tingkat nasional. Sertu Supandi, anggota TNI dari Koramil 08/Kedungadem Kodim 0813 Bojonegoro meraih juara 1 sebagai Motivator KB Pria Terbaik Nasional tahun 2018

Pria yang tercatat sebagai Akseptor Vasektomi sejak tahun 2011 yang lalu, berhasil menyisihkan empat motivator KB Pria dari empat provinsi di Indonesia.

“Alhamdulillah, Sertu Supandi, keluar sebagai Motivator KB Pria Terbaik Nasional tahun 2018,” ungkap Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto, Minggu (8/6)

Atas prestasinya itu, ayah yang dikaruniai 2 orang putri ini diganjar penghargaan oleh BKKBN Pusat. Penghargaan itu diterima Sertu Supandi, pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- XXV tahun 2018, pada 4-7 Juli di kawasan Megamas, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Keluarga Berencana Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB), Endah Susilo Rini. Pada kanalbojoengoro.com, ia menuturkan bahwa Sertu Supandi telah menjadi motivator KB pria sejak 2012. Menurutnya, dengan adanya motivator KB pria ini sangat berimbas terhadap akseptor KB di kalangan pria dengan metode vasektomi.

“Dengan adanya motivator yang juga akseptor vasektomi, tentu sangat efektif karena bisa sekaligus memberikan testimoni manfaat KB pria dan tak hanya menjelaskan secara teori,” terangnya, Selasa (10/7).

Untuk menjaring akseptor KB pria, Endah menjelaskan, di Bojonegoro ada beberapa motivator KB pria, namun saat ini ada dua motivator yang aktif. Untuk menyukseskan dan meningkatkan angka akseptor KB pria, Dinas P3AKB bersama motivator tengah mengusahakan agar setidaknya ada satu motivator KB pria di masing-masing kecamatan di Bojonegoro.

“Karena hingga saat ini mindset di masyarakat adalah KB merupakan urusan wanita. Padahal, pria pun bisa menjadi akseptor KB yang efektif, jangka panjang dan tanpa resiko,”.(*ADMC 0813/mcb)

Leave a Comment