Share

Serunya Wisata Petik Jambu Kristal Bojonegoro

Bojonegoro, 20/8 (Media Center) – Jambu Kristal merupakan salah satu komoditi unggulan asal Kabupaten Bojonegoro yang telah merambah pasar modern level nasional. Ciri khas jambu yang memiliki daging buah yang tebal dan biji yang sangat sedikit, serta tekstur yang renyah dengan rasa manis membuat buah ini diminati warga lokal hingga wisatawan domestik.

Di Bojonegoro, ada beberapa wilayah yang menjadi sentra jambu kristal. Perkebunan jambu kristal bisa ditemui di Desa Padang dan Desa Mori, Kecamatan Trucuk. Lokasinya tak jauh dari aliran sungai Bengawan Solo dan Bendung Gerak.

Sunarti, salah satu pemilik kebun jambu kristal di Desa Mori mengaku hampir setiap hari ada wisatawan yang mengunjungi kebunnya sekedar untuk membeli dan memetik langsung jambu kristal dari pohonnya. Menurutnya, hal ini menarik banyak wisatawan karena bisa memetik dan mencicipi langsung dengan gratis.

“Pengunjung boleh icip gratis di kebun. Yang dibawa pulang baru ditimbang,” terang pemilik dua petak kebun jambu ini, menjelaskan.

Untuk satu kilogram (kg) jambu kristal, rata-rata pemilik kebun mematok harga Rp15.000 baik untuk ukuran besar maupun kecil.

Salah satu pengunjung, Wahyu mengakumengunjungi kebun jambu kristal lantaran ingin merasakan sensasi memetik langsung. Ia mengatakan, dengan memetik langsung, ia bisa memilih tingkat kematangan dan ukuran jambu untuk dibawa pulang.(*lya/mcb)

 

Leave a Comment