Share

Setelah Bangun 24 Taman, Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 6 Taman pada 2020

Bojonegoro, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro pada tahun 2020 ini akan membangun taman baru di sejumlah perkotaan dan kecamatan.

Ada enam taman yang akan dibangun . Yakni di area Stadion Letjen Soedirman, Kecamatan Baurno, Trucuk, Dander, Kasiman, dan Ngambon.

“Untuk di Kecamatan Trucuk akan kita bangun di sebelah barat Jembatan Sosrodilogo,” ujar Kepala Seksi Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Bojonegoro, Dony A Setyawan, Sabtu (5/1/2020).

Sebelumnya, pada tahun 2019 kemarin, pemkab telah membangun 24 taman di perkotaan dan kecamataan. Yaitu 17 vertical garden -taman yang dibangun pada bidang yang berdiri tegak lurus dengan tanah- di perkotaan, dan tujuh taman baru. Meliputi taman Lokomotif di Jalan Teuku Umar, taman Bundaran Jetak, taman depan Polres, taman depan Pendapa Pemkab, taman di Kecamatan Trucuk, taman di Kecamatan Sugihwaras, dan Taman di Kecamatan Kepohbaru.

Ada beberapa jenis bunga yang ditanam di taman-taman tersebut. Diantaranya seperti pucuk merah, bougenvil, dan asoka.

“Kita pilih jenis bunga itu karena sesuai kondisi dan biasa hidup di Bojonegoro. Sebab kalau kita beri bunga yang bagus, selain belum tentu hidup khawatir hilang,” kata

Dijelaskan, taman yang dibangun tersebut juga dilengkapi dengan sarana bermain anak edukatif, lampu hias, dan sumur bor sibel. Sehingga ketika musim kemarau tanaman tetap hidup dan terlihat hijau.

“Jadi tidak kesulitan menyirami, karena ada ketersediaan airnya,” ucap mantan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Gondang itu.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan petugas untuk melakukan penyiraman, perawatan, dan menjaga kebersihan taman baik di wilayah perkotaan maupun kecamatan.

Ditambahkan, pembangunan taman ini merupakan upaya Pemkab Bojonegoro menambah ruang terbuka hijau. Selain itu juga mempercantik kota dan kecamatan.

“Agar taman juga menjadi tempat rekreasi masyarakat yang nyaman,” pungkasnya.

Diharapkan pembangunan taman ini dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat. Sebab keberadaan taman tersebut akan mengundang pedagang kecil karena banyak masyarakat yang datang ke taman.

“Kami minta masyarakat juga untuk ikut handarbeni, dan menjaganya,” pesannya.(Dwi)

Leave a Comment