Share

Shodaqoh Pohon, Jalan Diponegoro Bojonegoro Kebagian Kamboja

Gerakan Shodaqoh Pohon Kehidupan itu sendiri dimaksudkan guna menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Puluhan batang pohon kamboja, mulai ditanam di sepanjang Jalan Diponegoro, Bojonegoro Jawa Timur. Sebagai bagian dari program Gerakan Shodaqoh Pohon Kehidupan yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) yang diluncurkan pada akhir tahun lalu.

Gerakan Shodaqoh Pohon Kehidupan itu sendiri dimaksudkan guna menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Bojonegoro. Selain di wilayah perkotaan, di sepanjang jalur nasional sepanjang 35 kilometer (km) juga telah dilakukan gerakan serupa.

Pihak DKP sendiri menyebutkan, jumlah pohon yang dibutuhkan sebanyak 17.340 pohon. “Yang 4.000 pohon telah tercover APBD Kabupaten Bojonegoro, sedangkan kekurangan pohon sebanyak 13.340 pohon akan dicukupi oleh Partisipasi PNS Golongan III dan IV,” terang melalui “Gerakan Shodaqoh Pohon Kehidupan” kata Dra Nurul Azizah, Kepala DKP Bojonegoro beberapa saat yang lalu.

Selain menggunakan APBD dan program shodaqoh dari Pegawai Negeri, Pemkab Bojonegoro juga telah menjalin kerja sama dengan pihak ketiga. “Untuk jenis pohon yang ditanam adalah Mahoni, Kamboja, Flamboyan, Trembesi dan Ketepeng,” tambahnya.

Pada bulan November 2013 lalu, program ini secara resmi telah diluncurkan, ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Bupati Bojonegoro, Kepala SKPD, Camat se Kab.Bojonegoro, dan Pemberi Shodaqoh Pohon di Sepanjang jalan Desa Sraturejo, Kecamatan Baureno. (ramcb)

Leave a Comment