Share

Siagakan Pasukan Jibom Antisipasi Teror saat Pilkades Serentak

Bojonegoro, Media Center – Polres Bojonegoro menyiapkan 1.617 personel gabungan dan 10 personel dari Unit Penjinak Bom (Jibom) Sat Brimob Polda Jatim. Mereka disiagakan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bojonegoro.

“Termasuk di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekitar objek vital nasional,” kata Kapolres AKBP Ary Fadli, Jumat (21/6/2019) pada KanalBojonegoro.

Selain itu, Polres Bojonegoro juga telah menyiapkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang cukup memadahi.

Sebelum pilkades, Polres Bojonegoro menggelar operasi pengamanan, dengan sandi “Operasi Mantab Praja Angling Dharma 2019, yang efektif mulai dilaksanakan tanggal 13 Juni 2019 hingga 10 September 2019 mendatang.

Menurut dia, untuk personel, peralatan dan perlengkapan operasi, akan menggunakan peralatan dan perlengkapan organik Polres Bojonegoro, Polres BKO, Brimob Polda Jatim dan sewa kendaraan, yang disesuaikan dengan kebutuhan operasi

“Selain itu, akan kami terjunkan pasukan penjinak bom (jibom) berikut kendaraan taktis jibom, dari Sat Brimob Polda Jatim,” tandasnya.

Pasukan penjinak bom, kata Kapolres, disiagakan untuk mengantisipasi adanya aksi teror dengan menggunakan bahan peledak.

“Kami sangat serius dalam mengamankan jalannya Pilkades supaya berjalan aman, damai dan kondusif, tanpa ada hambatan yang berarti,” lanjutnya.

Dalam pengamanan pelaksanaan pilkades serentak tersebut, pihaknya akan selalu update perkembangan situasi, baik sebelum, saat pelaksanaan dan pasca pemilihan kepala desa tersebut.

Anggota yang bertugas akan melaksanakan cipta kondisi untuk pemeliharaan kamtibmas dengan melaksanakan patroli. Selain itu juga berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bojonegoro.

“Jika diperlukan atau apabila eskalasi ancaman meningkat, kami akan menggeser pasukan tambahan beserta peralatannya dan membuat pos polisi sementara, di lokasi yang rawan tersebut,” kata Kapolres.(Rin/NN)

Leave a Comment