Share

Sidak Mamin, Tim Gabungan Pemkab Bojonegoro Temukan Makanan Kadaluarsa

Bojonegoro, Media Center – Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Satpol PP menggelar inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman (mamin) menjelang lebaran. Hasilnya, tim menemukan makanan kadaluarsa di Pasar Kalitidu, Kecamatan Kalitidu, Rabu (15/5/2019).

Sidak dilaksanakan guna memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri.

Kabid Konsumsi dan Keanekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Endang Susilowati mengatakan saat melakukan pantauan pada beberapa pedagang ditemukan banyak kemasan makanan berupa makanan ringan dan roti kering yang kadaluarsa, yakni tahun 2018.

“Kita tidak memberikan sanksi atau penyitaan, hanya berupa imbauan,” ujar wanita berhijab.

Selain menemukan produk yang sudah kedaluarsa, tim juga menemukan banyak kemasan yang tidak memiliki izin edar. Termasuk makanan ringan yang didatangkan dari China.

Sinergi dan kerjasama kali ini, dilakukan dalam rangka pengawasan pangan pada bulan suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Salah satu distributor makanan ringan, Nurul Hidayah (40) mengaku tidak tahu tentang tanggal kadaluarsa maupun izin edar. Hanya saja, dengan adanya sidak tersebut, wanita asli Kalitidu ini mengaku akan menyingkirkan semua makanan yang kadaluarsa.

“Kalau tidak diperiksa dan diberitahu, saya ya tidak tahu,” pungkas ibu dua anak ini. (Rin/NN)

Leave a Comment