Share

Sili Bangkit: Kualitas Air Bengawan Solo Bojonegoro Bagus

Bojonegoro (Media Center) – Komunitas “Fisherman Fishing” Sili Bangkit Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan kualitas air Bengawan Solo di daerah setempat cukup bagus, karena benih ikan yang disebar dengan jumlah 250 ribu benih bisa berkembang secara normal.

“Air Bengawan Solo di Bojonegoro cukup jenih, padahal biasanya kalau musim kemarau warnanya keruh kecoklat-coklatan,” jelas Ketua Komunitas “Fisherman Fishing” Sili Bangkit Bojonegoro Darwin, Jumat.

Menurut dia, komunitasnya telah menebar 250 ribu benih ikan, yang terdiri dari tombro, nila dan tawes, yang berasal dari bantuan Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur, pada Puasa Ramadhan lalu.

“Ikannya bisa berkembang biak dengan normal. Sekarang sudah besar-besar,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur, membantu benih ikan, karena sebelumnya komunitasnya telah mengajukan permohonan bantuan ikan, sebagai usaha melestarikan ikan Bengawan Solo.

“Selama ini ikan Bengawan Solo telah menyusut drastis, disebabkan adanya pencemaran berbagai aneka limbah dari daerah hulu, Jawa Tengah,” ujarnya.

Dimintai konfirmasi, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Bojonegoro Tedjo Sukmono, menjelaskan kualitas air Bengawan Solo di daerahnya pada musim kemarau ini cukup bagus.

“Selain kami memantau sendiri, juga berdasarkan laporan Perum Jasa Tirta I Malang, yang melakukan pemantauan kualitas air Bengawan Solo secara periodik,” katanya, menegaskan.(sa/*mcb)

Leave a Comment