Share

Soal Geospasial, Bojonegoro Kabupaten Terfavorit Tingkat Nasional

Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, dinobatkan sebagai Kabupaten terfavorit untuk pembangunan jaringan informasi geospasial. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bojoneogoro, Drs H Suyoto MSi di ajang Pekan Geospasial Nasional.

Pekan Geospasial Nasional sendiri berlangsung sejak Tanggal 14-22 April 2014 di Bogor Jawa Barat. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Bumi.

Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

Kabupaten Bojonegoro sendiri pada awal bulan Maret 2014 lalu, telah bertekad menjadi miniatur Indonesia yang lebih baik. Dalam rangka menuju cita-cita tersebut, Pemkab Bojonegoro telah membuat kesepahaman bersama dengan pihak Badan Informasi Geospasial.

potensi bojonegoroKesepahaman bersama tersebut dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi geospasial guna mendukung pembangunan Bojonegoro. Implementasinya meliputi pembangunan kelembagaan simpul jaringan Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro sendiri dianugrahi sebagai Kabupaten terfavorit lantaran dinilai mempunyai kemajuan pesat dalam pembangunan simpul jaringan tersebut. Termasuk berbagi pakai informasi geospasial, pembangunan dan pengelolaan data dan informasi geospasial Bojonegoro, peningkatan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung kemudahan akses serta, penyelenggaraan kegiatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia. (*/mcb)

Leave a Comment