Share

SPR Bojonegoro Akan Dapat 200 Ekor Sapi Indukan Dari Australia

Bojonegoro (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro bakal mendapatkan bantuan 200 ekor sapi indukan sebagai upaya menjalankan program program uji coba peternakan sapi di hutan berbasis Sekolah Peternakan Rakyat (SPR).

“Nantinya, sebanyak 200 ekor sapi indukan tersebut akan dibagi di dua SPR yakni SPR Kecamatan Temayang dan SPR Kecamatan Kasiman,” ujar Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan, Sony Soemarsono, Selasa (12/7).

Sapi tersebut bantuan dari Australia melalui program Indonesia Cattle Breeding Program. Nantinya, ratusan sapi tersebut akan dikembangkan di wilayah hutan, sedangkan untuk kandang berada di sekitar rumah peternak, dan para peternak tersebut akan dibina oleh Perguruan Tinggi yang ditunjuk.

“Nanti hasil pengembangannya akan dibeli oleh swasta dan indukannya tetap akan dikembangkan lagi,” imbuhnya.

Untuk diketahui hingga saat ini ada sebanyak 55 SPR  yang telah dibina oleh Dirjen Peternakan. Untuk pengembangan sapi induk sendiri Dirjen Peternakan menganggarkan sebesar Rp1,3 milliar pada tahun depan.

“Disnakan akan mendampingi, sehingga dari sisi sumber daya manusia bisa lebih terampil, jadi mereka diharapkan bisa menjadi pebisnis handal,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment