Share

Staf Harus Punya Kemampuan Seperti Pemimpin

Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto MSi, menyatakan bahwa branding atas program-program yang digulirkan termasuk salah satu modal penting dalam menjalankan roda pemerintah. “Membuat branding atau labelisasi program agar menarik dan menjadi ikon adalah langkah penting,” kata SUyoto di depan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), Rabu (12/12) di ruang Angling Dharma Kompleks Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

Selain branding, menurut pria kelahiran Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Bojonegoro ini, terdapat sejumlah hal lain yang harus dipahami dan dipraktikkan oleh aparat negara untuk dijadikan landasan pembangunan. Diantaranya adalah pemahaman mengenai target beserta relevansinya terhadap program yang dijalankan.

“Mengetahui tujuan atas program yang telah direncanakan adalah langkah pertama agar aparat negara memiliki kemampuan sebagaimana yang harus dimiliki sebagaimana ujung tombak pembangunan,” terangnya.

Selain itu, pemahaman tentang pelaksanaan pembangunan mengenai proses, administrasi maupun pelaporan, serta meningkatkan pengendalian dan pengawasan dalam kegiatan pembangunan dan pemerintahan, merupakan hal yang tak kalah penting.”Termasuk memilih aparat yang berkompeten untuk melaksanakan program tersebut,” tandasnya.

Bojonegoro sendiri, menurut Suyoto, pada Tahun 2014mengalami masa-masa krusial, dimana merupakan tahun pertama penerapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang (RPJM dan RPJP). “Mulai dari sekarang, staf dituntut memiliki kemampuan layaknya seorang pemimpin,” tegasnya.

 

Leave a Comment