Share

Stok Beras di Bojonegoro Aman Hingga Akhir Tahun

Bojonegoro (Media Center) – Kepala Sub-Divisi Regional Bulog Bojonegoro, Efdal Marlius Sulaiman, mengatakan stok beras di Kabupaten Bojonegoro aman hingga 6-7 bulan ke depan atau hingga akhir tahun 2016 mendatang. ”Ya, aman hingga akhir tahun,” ujarnya pada kanalbojonegoro.com, Kamis (26/5).

Efdal mengatakan, saat ini SubDivre Bulog Bojonegoro terus melakukan pengadaan beras dan gabah. Lokasinya, ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang saat ini memasuki masa panen. Seperti di Kecamatan Dander, Kalitidu, sebagian di Kanor, Gayam, Malo dan beberapa kecamatan di Bojonegoro bagian selatan.

Targetnya, tentu saja memperbanyak stok beras dan gabah sesuai target tahun 2016 ini, di atas 107 ribu ton gabah kering panen. Sedangkan untuk pertengahan bulan Mei ini, untuk pengadaan gabahnya sudah di atas 80 ribu ton lebih gabah kering panen.

“Jadi, kita berharap secepatnya memenuhi target belanja gabah,” tandasnya.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Pertanian Bojonegoro, Bambang Sutopo mengatakan, daerahnya baru saja menggelar panen raya, akhir April 2016 ini. Daerah panen merata di 28 kecamatan, terutama di Bojonegoro bagian selatan. Seperti Kecamatan Dander, Sukosewu, Kapas, Sumberrejo, Kanor, Kalitidu, dan sebagainya.

‘”Bojonegoro, produksinya masuk tiga-empat besar di Jawa Timur,” ujarnya beberapa waktu lalu..

Dia menyebutkan, produksi gabah sekitar 907 ribu ton, biasanya berjajar dengan daerah lain di Jawa Timur. Seperti dari Jember, Banyuwangi dan Lamongan. Penunjangnya, yaitu aliran Sungai Bengawan Solo dan juga embung serta Bendungan Pacal, di bagian selatan Bojonegoro.(*/mcb)

Leave a Comment