Share

Surabaya Diving Latih Menyelam Personel Damkar Bojonegoro

Bojonegoro, 20/2 (Media Center) – Enam personel Dinas Pemadam Kabakaran (Damkar) Bojonegoro, Jawa Timur, memperoleh pelatihan menyelam dari pelatih renang Surabaya Diving untuk meningkatkan keterampilan dalam menolong korban bencana tenggelam.

Kepala Bidang Penyelamatan Dinas Damkar Bojonegoro Teguh ASB, di Bojonegoro, Senin (20/2), menjelaskan enam personel damkar itu memperoleh pelatihan teori dan praktik menyelam selama dua hari.

“Hari ini memperoleh pelatihan teori menyelam. Selasa (21/2) praktik menyelam tetapi masih di kolam renang,” kata dia menjelaskan.

Menurut dia, enam personel damkar itu memperoleh pelatihan menyelam, karena merupakan bagian dari keahlian yang harus dikuasai dalam menyelamatkan korban bencana dalam kejadian kebakaran, misalnya, perahu terbakar di laut atau sungai.

Dengan demikian, lanjut dia, personel damkar yang sudah memperoleh pelatihan menyelam itu juga dilibatkan dalam penyelamatan korban tenggelam di daerahnya, selain menyelamatkan kejadian bencana lainnya, seperti kendaraan roda empat terperosok.

“Hanya saja program pelatihan menyelam ini kurang tepat kalau dimanfaatkan untuk menyelamatkan korban tenggelam di Bengawan Solo, sebab airnya keruh,” kata Pelatih Renang Surabaya Diving Jimmy Lengkong.

Kemampuan menyelam yang diajarkan itu, menurut dia, lebih tepat di lokasi air yang jernih, seperti laut, atau sungai yang airnya jernih terutama di tepi. (*/mcb)

Leave a Comment