Share

Suyoto: Empat Kunci Sukses Songsong Era Gas

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro Suyoto mengaku telah mendapatkan presentase Point of Development (PoD) unitisasi Lapangas Gas Tiung Biru-Jambaran yang dikelola oleh Pertamina EP Cepu (PEPC). Bahkan pihaknya telah merapatkan dengan PEPC untuk rencana kebutuhan ruang yang diperlukan.

“Karena ada tata kelola ruang kita yang menjadi bagian juga,” pungkasnya.

Dia mengungkapkan, pihak operator juga sudah memberikan dokumen-dokumen dan melaporkan rencana-rencana ke depannya. Dan untuk membahas hal tersebut pihaknya memanggil semua instansi terkait yang ada di PoD sesuai instruksi Presiden.

“Dan saya akan bicara tentang target nasional di Bojonegoro, itu fokus kita,” tegasnya.

Kang Yoto menyatakan, kunci sukses menyongsong proyek migas ini ada empat, yang pertama adalah bisnisnya bagus, tekhnisnya handal, tata kelola dan legalnya mendukung, yang ke empat sosialnya mensupport.

“Jika ke empat kunci tadi tidak berjalan sinergis, semuanya juga tidak akan berjalan lancar. Dan bagian Pemkab ada dua, yaitu tata kelola dan legal karena ada RTRW yang harus diputus, ijin lokasi, rekomendasi AMDAL dan lain-lain,” lanjut Suyoto.

Yang kedua adalah dari aspek sosial. Suyoto menegaskan, aspek sosial ini juga harus mendukung, dengan cara yang baik adalah duduk bersama mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada baik yang merupakan bagian Pemkab, Pemprov, pusat dan kementerian..

“Kenapa saya teriak-teriak soal PoD, agar kita tahu seperti apa perencanaan pengembangan itu,” imbuhnya.

Kalau tidak tahu rencana pengembangan itu,bagaimana nanti dimintai rekomendasi RTRW,dan untuk menyusun RTRW perlu kajian akademis,perlu pembahasan politis,dan meminta rekomendasi dari Provinsi sampai pada pusat.

“Jangan sampai hal itu terlambat dilakukan,dan pemkab disalahkan,” tegasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment