Share

T EBAGA di Sumberjo Trucuk, Yang Pertama di DAS Bengawan Solo

Berada di lahan seluas 1 hektar, Taman Evakuasi Bahagia (T EBAGA) hari ini (28/11) diresmikan secara simbolik oleh Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma’Arif. Berada di Desa Sumberjo, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro Jawa Timur, saat ini T EBAGA merupakan tempat pengungsian paling siap yang pertama di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo.

“Ini yang pertama terlengkap dan tersiap di DAS Bengawan Solo,” Ujar Suparnoto, salah satu rombongan BNPB disela-sela acara peresmian tersebut. Untuk saat ini saja, telah siap ditempati sebuah gedung pengungsian yang mempunyai daya tampung sebanyak 300 orang, selain itu 10 bilik kamar mandi dan toilet beserta dua tandon untuk suplai air bersihnyapun telah siap digunakan.

“Ini belum sepenuhnya jadi, namun sudah siap digunakan bila sewaktu-waktu ada bencana banjir,” terang Drs H Suyoto MSi selaku Bupati Bojonegoro. Nantinya di lokasi tersebut juga akan disiapkan pengungsian untuk ternak warga bahkan kamar-kamar di tempat pengungsian.

“Untuk sementara tempat pengungsiannya masih berbentuk barak, ke depan akan ada berupa kamar-kamar,” jelas Suyoto. Pembangunan lokasi pengungsian itu sendiri menghabiskan biaya sebesar Rp 1.570.125.000 yang bersumber dari anggaran pusat. “Anggarannya dari pusat, Pemkab hanya menyediakan lahannya saja,” jelas Suyoto.

Selain sebagai tempat pengungsian, gedung di lokasi itu juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain oleh warga. Termasuk untuk kegiatan pelatihan dan kegiatan warga lainnya yang pengelolaannya akan diserahkan pada Pemerintah Desa. (Mcb)

Leave a Comment