Share

Tahapan Pilbup Bojonegoro Dimulai Agustus 2017

Bojonegoro, 12/8 (Media Center) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro, Jawa Timur, menyampaikan, tahapan untuk pemilihan bupati (Pilbup) dan pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur, akan dimulai pada Agustus tahun 2017 mendatang.

“Pilkada Bojonegoro dan pilgub Jatim dipastikan berlangsung bersamaan pada Juni 2018 mendatang,”ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro Divisi Penyelenggaraan dan Data, Fakhur Rohman, Jumat (12/8).

Dia menjelaskan, pada pilkada sebelumnya kewenangan pencalonan ditentukan oleh pimpinan parpol tingkat daerah. Sementara pada pilkada mendatang pencalonan ditentukan oleh pimpinan parpol di tingkat pusat.

“Dengan kondisi seperti itu, bisa jadi menimbulkan konflik, apalagi partai yang saat ini pecah menjadi dua kubu.Tapi tetap pencalonan tetap menjadi otoritas DPP partai,” tandasnya.

Untuk pencalonan independen harus mendapat dukungan minimal 61 ribu dukungan. Dukungan dibuktikan dengan fotokopi KTP elektornik atau kartu tanda penduduk, karena jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu sebelumnya mencapai 1 juta lebih.

Komisioner  KPUK Bojonegoro Divisi Anggaran Supardi, menambahkan, anggaran pilkada dan pilgub Jatim KPU mengusulkan sebesar Rp58,8 miliar, sementara untuk pendanaan, Pemprov Jatim menawarkan sharing,” imbuhnya.

Sharing tersebut ditawar oleh Pemkab Bojonegoro dengan besaran anggaran yang dibebankan daerah adalah Rp54,9 miliar.
Sedangkan yang ditanggung oleh provinsi adalah Rp6,6 miliar.

‘’Sekarang masih tawar menawar,’’ pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment