Share

Tahun 2020, 121 Km Jalan Poros Kecamatan Ditarget Selesai Dicor

Bojonegoro, Media Center – Pemkab Bojonegoro terus lakukan peningkatan infrastruktur jalan dengan menggunakan kontruksi rigit atau cor. Tahun 2020 ini, jalan sepanjang 121 km sudah dibangun dengan cor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Bojonegoro Retno Wulandari, dalam acara Sambang Desa di Desa Ngasinan Kecamatan Padangan, Jumat (24/07/2020) mengatakan bahwa tahun 2020 Pemkab sudah melakukan beberapa perbaikan infrastruktur mulai dari pemeliharaan jembatan, pembangunan PTT, saluran drainase atau saluran air serta perbaikan jalan.

Retno Wulandari Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Bojonegoro

“Jalan sepanjang 121 kilometer yang tersebar di seluruh Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan kontruksi rigit atau cor yang statusnya menjadi kewenangan Kabupaten,” ucapnya.

Sementara itu, untuk tahun 2021 Pemkab Bojonegoro merencanakan memperbaiki jalan sepanjang 118 kilometer untuk jalan poros desa. Jika penganggaranya melalui dana desa diarasa tidak cukup, maka Pemkab Bojonegoro akan memberi bantuan keuangan desa.

“Selain itu, juga melakukan kegiatan UPT yang salah satu tugasnya mengerjakan jalan-jalan yang kerusakanya dirasa ringan atau kecil namun harus segera ditangani, misalnya menambal jalan yang berlobang dan perlu segera perbaikan agar memperlancar arus lalu lintas,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawannah juga menambahkan bahwa tahun 2021 pembangunan jalan, jembatan 95% harus sudah terselesaikan semua. “Mengingat Bojonegoro sebagai daerah lumbung pangan maka Pemkab Bojonegoro sudah meminta kepada Menteri PUPR yang menangani irigasi air dan jalan dibuatkan blue print tahun 2020-2040,” terangnya.

Tujuan blue print tersebut, lanjut Bupati, tujuannya jika bendungan Karangnongko dan Waduk Gongseng sudah jadi dibangun, dapat segera dimanfaatkan khususnya bagi para petani. “Ketahan pangan di Jawa Timur banyak di-support dari beberapa kabupaten salah satunya Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Lamongan,” pungkas Bu Anna.(Fif/NN)

Leave a Comment