Share

Tahun 2020, Pemkab Bojonegoro Siapkan Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa dari Keluarga Miskin

Bojonegoro, Media Center – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2020 ini menyiapkan program beasiswa bagi 1.000 mahasiswa dari keluarga miskin. Kuota tersebut meningkat dari 2019 lalu, sebanyak 400 orang.

“Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir atau skripsi. Setiap mahasiswa dapat bantuan Rp2 juta,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bojonegoro, Sahari dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020) kemarin.

Dijelaskan, tujuan pemberian beasiswa ini untuk meningkatkan lama belajar. Selain itu membantu mahasiswa dari keluarga tidak mampu agar bisa menyelesaikan kuliahnya.

“Jangan sampai mereka dropout atau DO hanya gara-gara tidak punya biaya,” tegasnya.

Pad tahun 2019 kemarin, dari 400 kuota yang disediakan terserap 320 orang. Sebab 80 pemohon yang mengajukan bantuan beasiswa telah lulus kuliah sebelum bantuan cair.

“Karena itu kami sarankan untuk mengajukan permohonan paling lambat semester 6,” tuturnya.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mendapatkan bantuan beasiswa ini. Yakni mengajukan proposal yang ditujukan kepada Bupati Bojonegoro dengan melampiri surat keterangan tidak mampu dari desa, surat keterangan aktif kuliah dari kampus, kredit hasil semester dengan IPK 3,00, foto kopy kartu keluaraga (KK), kartu tanda penduduk (KTP) pemohon dan orang tua, kartu tanda mahasiswa (KTM).

“Proposal dikirim ke Bagian Umum, kemudian naik ke meja Bupati dan turun ke Sekda, lalu Asisten baru ke Kesra,” jelasnya.

Setelah sampai di meja Kesra proposal akan diverifikasi. Mulai dari persyaratan administrasi hingga survei ke lapangan untuk memastikan agar beasiswa yang diberikan benar-benar tetap sasaran. Survei dilakukan mulai dari pekerjaan, pendapatan, kondisi rumah, hingga akumulasi penghasilan orang tua dalam satu bulan maksimal Rp2,5 juta.

“Dari survei ini kita baru bisa menentukan apakah calon penerima benar-benar dari keluarga tidak mampu atau tidak,” tegasnya.

Pemberian beasiswa ini merupakan upaya Pemkab Bojonegoro meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, selain memberikan beasiswa bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu, Pemkab tahun 2020 ini juga menyiapkan beasiswa full payment bagi siswa Bojonegoro yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk program Science (sains/IPA) seperti Kedokteran, teknik, pertanian, dan penerbangan. Program ini telah disahkan dalam Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 34 tahun 2019.(Dwi)

Leave a Comment