Share

Tanaman Padi di Kapas Bojonegoro Diserang Wereng

Bojonegoro, 22/7 (Media Center) – Sekitar 150 hektare tanaman padi di sejumlah desa di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diserang hama wereng batang coklat sejak sepekan terakhir.

Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Akhmad Djupari, Jumat (22/7), menjelaskan berdasarkan data yang diterima hama wereng menyerang tanaman padi di DEsa Sukowati, Klampok, Pohbogo dan Bakalan.

“Laporan adanya serangan hama wereng batang coklat kami terima tiga hari lalu,” jelas dia.

Menanggapi laporan itu, lanjut dia, jajarannya langsung turun ke lapangan membantu petani untuk membasmi serangan hama wereng batang coklat.

“Penyemprotan dengan inksektisida untuk membasmi serangan hama wereng di Kapas sudah berjalan dua hari. Obat pembasmi hama wereng kami bagikan kepada petani gratis,” ucapnya menegaskan.

Pembasmian hama wereng, katanya, dilakukan karena serangan hama wereng di daerah setempat sudah diambang batas aman karena diketahui ada lebih dari 20 wereng di setiap rumpun tanaman padi.

“Kalau jumlah di bawah 20 wereng di setiap rumpun masih aman,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta para petani di wilayahnya segera melapor kalau mengetahui tanaman padinya diserang hama wereng, atau hama lainnya.”Kami memiliki persediaan obat pembasmi hama wereng coklat lebih dari cukup. Kalau memang kurang akan kami mintakan ke Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Menurut dia, munculnya serangan hama wereng dipicu dengan hujan yang masih turun di musim kemarau sehingga kondisi lembab yang memudahkan berkembangnya hama wereng.”Prinsipnya kalau ada serangan hama wereng ya kita basmi dengan obat pembasmi hama wereng,” katanya menegaskan.

Sesuai data di Dinas Pertanian menyebutkan luas areal tanaman padi di daerah setempat yang tertanam April-Juni mencapai 43.680 hektare.

“Kami belum menerima laporan ada serangan hama wereng di lokasi lainnya,” tambahnya. (*/mcb)

Leave a Comment