Share

Tangkal Komunisme dengan Gelar Apel Merah Putih

Bojonegoro (Media center) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0813, Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar apel Merah Putih dan Bela Negara yang diikuti oleh ratusan peserta dari pelajar dan mahasiswa di Alun-alun Bojonegoro, Rabu (12/8).

Apel yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Setyo Hartono ini berjalan khidmat. Diiringi pernyataan sikap nasionalis menghadapi potensi  komunisme di Indonesia seperti gerakan PKI yang sadis dan ganas yang mulai terindikasi saat ini.

Wabup Setyo Hartono menyampaikan, untuk merenungkan peristiwa tragis masa lalu, jangan sampai ada hal-hal seperti itu terjadi lagi, dengan melawan sikap komunisme yang perlahan-lahan mulai meracuni generasi muda saat ini.

Hartono menegaskan, melihat luasnya Nusantara dari Sabang sampai Merauke dengan keberagaman, tentu berbagai rong-rongan pada Pancasila terus terjadi.

“Tapi Pancasila tetap tegak berdiri, oleh karena itu kita tingkatkan sikap bela negara,” tegasnya.

Pihaknya menegaskan, saat ini masih mengandalkan linmas. Tapi kedepan akan memanfaatkan mahasiswa untuk ketahanan nasional dan menumbuhkan mental pembela negara.

“Saya juga  minta di Bojonegoro ingin meningkatkan mata pelajaran bela negara,” tukasnya.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas, menyampaikan, pada apel gerakan Merah Putih ini mengusung  tema kewaspadaan nasional dalam menghadapi ancaman bangkitnya PKI dan komunisme dalam perspektif mempertahankan NKRI dan Pancasila.

Apel di alun-alun kota Bojonegoro yang diikuti ratusan peserta dari pelajar SMP, SMA, Mahasiswa, dan Anggota Persilatan nampak hikmat meski panas mulai menyengat.

Dandim 0813 Letkol Kav Donova Pri Pamungkas, mengatakan, tujuan apel Merah Putih ini dilaksanakan untuk mengantisipasi bangkitnya paham komunis di Indonesia. Karena, indikasi bangkitnya paham komunisme itu sudah mulai muncul di lapisan masyarakat.

“Kami diperintahkan untuk membangkitkan rasa nasionalisme terutama bagi generasi muda,” imbuhnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment