Share

Telkom Jatim Pasang Delapan BLC Di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – PT Telkom Area Jatim memasang “Broadband Learning Centre” (BLC) di delapan lokasi di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, yang bisa dimanfaatkan berbagai kalangan sebagai pusat pelatihan teknologi informasi (TI) untuk menunjang pengembangan pangan.

Public Relations Telkom Area Jatim, Ivone Andayani, Jumat, mengatakan, pemasangan BLC di delapan lokasi tersebut sesuai permintaan Bupati Bojonegoro Suyoto, yang akan mengembangkan daerahnya sebagai lumbung pangan nasional.

“Pemasangan BLC di empat lokasi langsung ditangani PT Telkom Jatim. Empat BLC lainnya lokasinya juga berada di daerah potensi pangan, tapi pemasangannya atas biaya pemkab,” jelasnya.

Ia menyebutkan pemasangan BLS di empat lokasi yang sudah berjalan yaitu di kantor Balai Desa Duwel, Kecamatan Kedungadem, karena memiliki potensi penghasil bawang merah.

Selain itu, lanjutnya, pemasangan BLS di lokasi sentra penghasil belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, BLC di sentra penghasil Sapi Onggole di Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo dan BLS di rumah inovasi di Desa Padangan, Kecamatan Padangan.

Di masing-masing BLC, jelasnya, Telkom Jatim membantu lima perangkat komputer juga berbagai perlengkapan lainnya.

“BLC di rumah inovasi di Padangan dikelola Institut Pertanian Bogor (IPB) selaku konsultan pertanian dalam pengembangan pangan di Bojonegoro,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan keberadaan BLC tersebut bisa dimanfaatkan berbagai kalangan masyarakat untuk belajar mengenai teknologi informasi (TI), bahkan keberadaan BLC juga bisa bermanfaat bagi karang taruna di desa masing-masing untuk bisnis pulsa internet.

“Sesuai program kami di BLC bebas pulsa berkisar tiga sampai enam bulan, sehingga setelah itu masyarakat yang memanfaatkan bisa membeli pulsa kepada karang taruna,” ucapnya.

Ia juga menambahkan pemasangan delapan BLS di daerah setempat juga merupakan rangkaian peresmian program “Cyber Extension” di daerah setempat yang akan dilakukan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa di Desa Duwel, Kecamatan Kedungadem, 6 Januari. (samcb)

Leave a Comment