Share

Tempati Gedung Baru, RSUD Bojonegoro Belum Optimal

Bojonegoro, 5/4 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mulai mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikusumo Tipe B di Jlaan Veteran, Bojonegoro, sejak bulan November 2016 lalu.

Humas RSUD Sosodoro Djatikusumo Tipe B, dr Thomas Djaya, mengatakan, meski demikian hingga pertengahan tahun 2017 ini masih ada peralatan medis yang belum dipindah dari rumah sakit lama di jlaan Dr Cipto ke rumah sakit baru.

“Jadi, peralatan medis masih 80 persen yang ada di Jalan Veteran,” ujarnya, Rabu (5/4).

Dia menjelaskan, yang belum dipindahkan ke Jalan Veteran diantaranya Unit Gawat Darurat, Unit Kamar Operasi (UKA), perawatan pasca operasi, patah tulang, pelayanan ibu melahirkan, radiologi, .

“Kalau yang penyakit dalam semuanya sudah dipindah ke yang baru, serta pelayanan poli,” imbuhnya.

Dia menyatakan, tidak bisa mentarget kapan operasional di RSUD Tipe B ini 100 persen berjalan. Karena, masih ada ruangan yang perlu diperbaiki, salah satunya UKA.

“Karena, kalau di Pemkab harus ada cara lelang. Kita masih tunggu itu dari DPU,” imbuhnya.

Padahal, pihaknya juga berharap agar RSUD Tipe B ini bisa berfungsi seleuruhnya. Karena, dengan dua pelayanan baik di rumah sakit lama dan baru dinilai merepotkan.

“Harus bolak balik, tenaga juga habis,” tukasnya.

Pihaknya menyatakan, untuk pelayanan rawat inap hanya sebagian saja yang sudah ada di RSUD Tipe B. Diantaranya penyakit sakit paru-paru, rawat anak dan saraf.

Sementara itu, pasien RSUD hingga saat ini banyak yang menggunakan layanan kesehatan gratis dari Pemerintah seperti Jaminan Kesehatan Daerah, serta BPJS Kesehatan. Meski jumlahnya lebih banyak BPJS Kesehatan.

Pihaknya menyatakan, untuk RSUD Tipe B ini memiliki 53 dokter spesialis, itu masih akan ditambah lagi beberapa dokter spesialis baru seperti spesialis Jantung, Ortopedi, dan Sakit Jiwa. Sedangkan, untuk perawat ada 340 orang.

“Jumlah tersebut masih sangat kurang dari kebutuhan secara total 900 orang,” tandasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment