Share

Tenaga Asing Sektor Migas Belum Kantongi Ijin Bekerja

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 219 tenaga kerja asing yang saat ini bekerja di sektor industri minyak bumi dan gas di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur hingga kini belum mengantongi ijin bekerja dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro. Akibatnya, ratusan tenaga kerja ini terancam dideportasi atau dipulangkan ke negaranya masing-masing.

Menurut Kepala Dsnakertransos Bojonegoro, Adie Witjaksosno, kondisi ini terjadi lantaran perusahaan tempat bekerja para ekspatriat ini belum melaporkan karyawannya yang berstatus Warga Negara Asing (WNA).

“Sehingga kami belum bisa memberikan rekomedasi,” lanjutnya.

Adie mengatakan, tenaga kerja asing sebanyak itu sedang bekerja di enam perusahaan.

Ia menjelaskan, pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menerbitkan surat pemberitahuan yang isinya menyebutkan, bahwa tenaga kerja asing yang tidak melapor telah melanggar ayat 1 dan 2 pasal 49 Permenaker nomor 12 tahun 2013 tentang tatacara penggunaan TKA.

“Dalam surat itu memerintahkan supaya manajemen perusahaan melaporkan tenaga kerja asingnya ke Disnakertransos Bojonegoro, jika tidak, maka pihak perusahaan diperintahkan supaya tidak mempekerjakan dan mengeluarkan tenaga kerja itu dari lokasi kerja,” terang Adie.

Laporan terkait keberadaan tenaga kerja asing ini akan dilankjutkan pendataan hingga mengantisipasi jika terjadi kecelakaan kerja seperti beberapa waktu lalu. Selain itu, diperlukan adanya transformasi ilmu di lingkup pekerjaannya untuk dibagikan pada tenaga lokal.(*mcb)

Leave a Comment