Share

Terkendala Dana, Demplot Sapi Perah di Bojonegoro Tertunda

Bojonegoro – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan mengembangkan Demontration Plot (demplot) atau lahan percontohan sapi perah di setiap kecamatan.

“Pengembangan pertama akan dilakukan di Desa Klino, Kecamatan Sekar,” kata Kepala Bidang Agrobisnis Peternakan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Wiwik Sulistyo, Kamis (13/7).

Rencana tersebut masih belum bisa terwujud karena masih terkendala masalah pengurangan dana. Selain itu, strategi pengembangan dan penjualan produksi susu hasil perahan juga masih belum banyak diminati masyarakat.

Menurut pengamatan, demplot sapi perah ini masih sulit dikembangkan. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan susu segar dikembangkan susu kambing.

“Kalau susu perah kambing hampir disemua kecamatan ada pengembangan. Namun juga belum maksimal untuk penanganannya,” lanjutnya.

Pengembangan demplot tersebut merupakan hibah dari pemerintah pusat yang diberikan kepada daerah. Pengembangan susu perah ini dimaksudkan untuk konsumsi masyarakat sehari-hari. Selain itu, juga untuk pengobatan berbagai penyakit.(dwi/ mcb)

Leave a Comment