Share

Tertibkan Tambang Ilegal, Polres Bojonegoro Beri Peringatan

Bojonegoro, 27/9 (Media Center) – Kepolisian Sektor (Polsek) Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bersama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan pemerintah desa, menertibkan penambangan pasir darat ilegal di tiga lokasi di Desa Sambeng, Kecamatan Kasiman.

Aktifitas penambangan pasir tersebut banyak ditemukan pelanggaran, yakni, menggunakan mesin dan belum memiliki izin pertambangan rakyat.

“Kami telah menertibkan para pelaku penambang ilegal ini, ” ujar Kapolsek Kasiman AKP Ridwan, Senin (26/9).

Setelah melakukan penertiban dan pembinaan terhadap para pelaku penambang, baik pemegang modal maupun para pekerja yang melakukan aktifitas penambangan tersebut, diminta untuk membuat surat pernyataan tidak akan melakukan aktifitas penambangan pasir sebelum ada izin resmi dari Dinas ESDM Propinsi.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro menegaskan bahwa, selaku aparat penegak hukum, akan menertibkan tindakan-tindakan yang melawan hukum dan tidak memiliki ketentuan hukum yang sah bagi para pelaku penambangan pasir yang belum mempunyai ijin penambangan pasir ini karena dapat merusak keseimbangan alam.

“Tidak ada yang ditahan, hanya membuat surat pernyataan. Kalau melanggar lagi, baru ditindak secara hukum,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment