Share

Thengul dan Oklik Bojonegoro Tampil Memukau di Parade Budaya Kediri

Paduan dua jenis kesenian ini menjadi sangat unik dan menarik perhatian warga Kediri yang menyaksikan parade budaya. Jika peserta lain tampil dengan dandanan bak puteri keraton dan lemah gemulai, Tari Thengul justru menjadi sajian tersendiri yang menyedot rasa penasaran warga.

Bojonegoro (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Parade Budaya yang dihelat oleh Kabupaten Kediri, minggu (10/8/2014) kemarin.

Pagelaran akbar dalam bentuk pawai ini diikuti puluhan peserta dan mobil hias dari berbagai kota/kabupaten yang turut serta memeriahkan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2014. Suyanto, Kepala Bidang Pengembangan dan pelestarian Budaya, Disbudpar Kabupaten Bojonegoro mengatakan, pengiriman duta budaya ini sekaligus menasbihkan oklik dan thengul sebagai budaya asli Bojonegoro.

“Kita angkat keduanya dengan kolaborasi tari thengul dengan iringan musik oklik,” jelasnya. Untuk tari thengul, Disparbud menunjuk salah satu sanggar tari sementara musik pengiringnya adalah dari Teater Awu, SMKN 2 Bojonegoro yang menjuarai Festival Oklik Bojonegoro pada bulan ramdhan kemarin.

Paduan dua jenis kesenian ini menjadi sangat unik dan menarik perhatian ribuan warga Kediri yang menyaksikan.
Jika peserta lain tampil dengan dandanan bak puteri keraton dan lemah gemulai, Tari Thengul justru menjadi sajian tersendiri yang menyedot rasa penasaran warga. Tak jarang, warga nekat menghentikan rombongan dari Kontingen Bojonegoro hanya untuk berfoto bersama.

“Itu wajah atau topeng,” celetuk salah satu penonton saat melihat performa para penari thengul yang langsung berpose saat ada kamera. Bahkan, para thengul ini tak segan berpose dengan ekspresi wajah ‘jelek’ dan menggoda anak-anak.

Para thengul yang atraktif dan musik oklik yang rancak menjadi salah satu andalan Kabupaten Bojonegoro untuk mengenalkan potensi kesenian asli Bojonegoro kepada masyarakat luas. (**mcb )

Leave a Comment