Share

Tiga Pintu Pematusan Kota Bojonegoro Ditutup

Bojonegoro (Media Center) – Tiga pintu pematusan kota di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang berfungsi membuang air genangan banjir di perkotaan yaitu di Kelurahan Karangpacar, Desa Ledokkulon dan Banjarjo, Kecamatan Kota, sudah ditutup sejak sehari lalu.

“Tiga pintu pematusan kota sudah ditutup sejak sehari lalu, bersamaan dengan naiknya air Bengawan Solo,” kata Petugas Pompa Banjir dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Operasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) III Andik Prasetyo, di Bojonegoro, Senin (8/2).

Meski demikian, kata dia, dua pompa air di Posko Pompa Banjir, di Kelurahan Karangpacar, dengan kapasitas masing-masing 750 liter per detik belum difungsikan.

Begitu pula dua pompa air dengan kapasitas masing-masing 500 liter per detik, milik Dinas Pengairan Pemkab Bojonegoro, juga belum difungsikan untuk membuang air genangan lokal ke Bengawan Solo.

“Meskipun Bengawan Solo sudah masuk siaga banjir, tapi saat ini ketinggian air genangan lokal baru 1,2 meter. Pompa difungsikan untuk menyedot banjir di perkotaan kalau ketinggian airnya berkisar 1,5-2 meter,” jelas dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan pompa air penyedot genangan banjir di wilayah perkotaan, yang pertama kali difungsikan di Kelurahan Karangpacar, menyusul kemudian dua pompa banjir di Ledokkulon, yang kapasitasnya masing-masing 1.500 liter per detik.

Setelah itu, lanjut dia, dua pompa air di Desa Banjarjo, yang kapasitasnya masing-masing juga 1.500 liter.

“Awal pertama kali pompa difungsikan di Kelurahan Karangpacar, sebab lokasinya yang paling rendah,” katanya, menegaskan.

Sebagaimana diketahui, tiga pintu pematusan kota yang menjadi drainase utama harus ditutup, ketika air Bengawan Solo, masuk siaga banjir, untuk mencegah air luapan Bengawan Solo masuk ke wilayah perkotaan.

Ketika air Bengawan Solo surut di bawah siaga banjir (dibawah 12,5 meter), maka air di wilayah perkotaan bisa mengalir melalui pematusan kota secara gravitasi.

Sedangkan pompa air difungsikan ketika di wilayah perkotaan terjadi genangan banjir yang disebabkan hujan lokal dari wilayah selatan. (*/mcb)

Leave a Comment