Share

Tiga Rumah Di Tengah Kota Ludes Terbakar

Bojonegoro (Media Center) – Kebakaran hebat terjadi di pemukiman padat penduduk tepatnya Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (30/7) sore sekitar pukul 15.00 Wib.

Pantauan di lapangan, asap hitam membumbung tinggi disertai abu  membuat suasana pekat di sekitar kota yang masih  sibuk dengan aktivitas warga. Bahkan, jalan raya terpaksa ditutup lantaran dipenuhi warga yang ingin melihat kejadian dari dekat. Aparat kepolisian memblokir jalan dan mengarahkan pengendara untuk melewati jalur lainnya.

Api berhasil dijinakkan setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro setelah mengerahkan tiga unit mobil damkar. Api padam sekitar puluk 15.30 wib.

Belum ada keterangan secara resmi dari instansi terkait penyebab dari kebakaran yang melahap habis rumah milik warga. tercatat, ada tiga rumah yang hangus terbakar, yakni milik Joko Upoyo yang merupakan pegawai KPH Perhutani Parengan, Suryana atau Ana, dan Cucuz.

Istri ketua RT setempat, Sri Ernawati, mengatakan, dari keterangan beberapa warga yang melihat kejadian kebakaran tersebut mengatakan tidak mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Bahkan, saat api membesar dan membakar rumah milik Joko, Joko dan keluarganya tidak menyadari hal itu.

“Baru ketika ada suara benda jatuh mereka sadar api sudah melalap bagian dapur yang memang terbuat dari anyaman bambu atau gedheg,” imbuhnya.

Wanita berjilbab ini mengungkapkan, rumah yang terbakar tersebut memang semuanya terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Seperti rumah milik Joko Utoyo, yang bangunan ruang tengah sampai dapur masih berupa gedek atau anyaman bambu, sementara rumah Suryana atau Ana semua terbuat dari kayu begitu juga dengan Cucuz.

“Kalau dari suara orang-orang terdekat sana, memang ada salah satu dari pemilik rumah itu yang rajin membakar sampah. Tapi kami tidak berani memastikan apakah memang kebakarannya karena itu,” tandasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment