Share

Tim Banggar Pangkas Anggaran SKPD

Bojonegoro (Media Center) – Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sepakat melakukan penyesuaian anggaran pada rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan yang dilaksanakan mulai Senin (21/9) hingga Selasa (22/9) subuh tadi.

Wakil Ketua DPRD, Sunjani, mengatakan, akibat penurunan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang mengalami pengurangan anggaran hingga Rp241,43 Miliar. Hal ini berdampak pada anggaran di APBD-P tahun 2015 ini.

“Kita telah melakukan penyesuaian anggaran untuk beberapa SKPD,” tandasnya.

Sunjani menyampaikan, pada penyesuaian anggaran kali ini, DPRD telah merekomendasikan dua hal. Pertama, tidak berdampak sosial dan tidak boleh berdampak pada implikasi hukum.

“Artinya, jika ada penyesuaian program tidak melanggar hukum,” kata dia.

Keputusan yang diambil harus benar-benar dipelajari satu persatu. Salah satunya pada Dinas Pendidikan yang mengalami perubahan anggaran. Dari pengajuan anggaran sebesar Rp12,8 miliar, Badan Anggaran melakukan penyesuaian atau pemangkasan sebesar Rp3,3 miliar.

“Kami berharap Dinas Pendidikan menyesuaikan programnya dengan kesepakatan ini,” tandasnya.

Dinas lainnya yang mendapatkan penyesuaian anggaran juga terjadi di Dinas Peternakan dan Perikanan sebesar Rp3 miliar. Hal ini membuat SKPD terkait harus menyusun kembali program-program yang sudah berjalan dengan melakukan pergeseran anggaran.

“Cukuplah segitu, kita akan lakukan penyesuaian anggaran,” pungkas Sekretaris Disnakan Sony Sumarsono.(dwi/*mcb)

Leave a Comment