Share

Tim Bojonegoro Temukan Makam Samin Di Sawahlunto

Bojonegoro (Media Center) – Tim Sejarah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, yang diketuai Asisten II Pemkab, Setyo Yuliono, menelusuri sejarah Ki Samin Surosentiko, ke Sawahlunto, Sumatera Barat, sebagai usaha memastikan lokasi makamnya, 3-5 Agustus.

“Kami bisa menjumpai makam Ki Samin Surosentiko, di atas bukit di Sawahlunto,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Amir Sahid, di Bojonegoro, Kamis (6/8).

Ikut dalam penelusuran makam, yaitu, keturunan Samin Surosentiko di Bojonegoro yaitu Bambang Sutrisno, anak Hardjo Kardi, pengurus MUI Hanafi, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Nurul Azizah, dan Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya Disbudpar Suyanto.

“Penelusuran makam ini sebagai usaha pemkab memfasilitasi keluarga yang masih ada di Bojonegoro untuk mencari makam Ki Samin Surosentiko di Sawahlunto,” jelas dia.

Ia memberikan gambaran lokasi makam Ki Samin Surosentiko, berada di puncak bukit Polan Sawahlunto, di sekitar tambang batu bara.

“Kami untuk mencapai lokasi harus memanjat tebing, sebab tidak ada jalan setapak menuju lokasi,” jelasnya.

Lokasi persis makam, lanjut dia, bukan berada di puncak bukitnya, tapi agak turun sedikit dari puncak, tapi lokasinya di tebing.

“Kalau kita berada di lokasi makam terpeleset bisa tergelincir,” jelas dia, seraya menunjukkan lokasi foto makam Ki Samin Surosentiko.

Di makam setempat, terdapat sebuah tulisan di nisan warna merah dengan tulisan Samin Surosentiko, lahir 1859 di Blora, dan wafat 1914 di Sawahlunto.

“Masyarakat di Sawahlunto ternyata juga menokohkan Ki Samin Surosentiko,” jelas dia.

Oleh karena itu, menurut dia, kecil kemungkinan bisa memindahkan makam Ki Samin Surosentiko, ke Bojonegoro, meskipun masih ada keluarganya.

“Sebagai gantinya kami membawa tanah dari lokasi makam satu kendi,” ucapnya. (sa/mcb).

1 Comment on this Post

  1. fauzi zamzam

    Semoga bisa diangkut ke Bojonegoro

    Reply

Leave a Comment