Share

Tim FKS Jatim Lakukan Penilaian di Bojonegoro

Bojonegoro, 26/8 (Media Center) – Sejak dua hari lalu tepatnya tanggal 24 dan 25 Agustus tim penilai Forum Kabupaten Sehat (FKS) tingkat Propinsi Jawa Timur melakukan penilaian di Kabupaten Bojonegoro. Tim terdiri dari Badan Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Badan Ketahanan Pangan serta Dinas Kehutanan Prop Jatim.

Sebelum melakukan penilaian, tim diterima di Ruang Pertemuan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bojonegoro (Bappeda) untuk mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Bojonegoro, I Nyoman Sudana dan paparan yang disampaikan oleh Djoko Hadi Purnomo Ketua FKS Bojonegoro. Penilaian FKS ini terbagi dalam dua tim yang melakukan penilaian lapangan di empat titik berbeda.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan lingkungan Dinas Kesehatan Bojonegoro, dr Ahmad Hernowo menjelaskan, pelaksanaan verifikasi kabupaten sehat oleh tim verifikasi Propinsi Jawa Timur dengan fokus penilaian dibidang kelembagaan dan tatanan terpilih.

“Untuk kelembagaan meliputi sekretariat, rencana kerja, FKS serta Kelompok Kerja (pokja) desa dan kelurahan. Sedangkan untuk tatanan terpilih meliputi tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum dengan beberapa titik pantau,” jelasnya, Kamis (25/8).

Dijabarkan, titik pantau kelembagaan terdapat di Desa Kemamang Kecamatan Balen, Desa Selorejo dan Baureno Kecamatan Baureno. Tatanan kehidupan masyarakat yang mandiri dan sehat meliputi Desa Mojoranu Kecamatan Dander dan Desa Ledokkulon Kecamatan Bojonegoro.

Sementara Desa Dukuhkidul Kecamatan Ngasem, Desa Tambakrejo dan Malingmati Kecamatan Tambakrejo masuk dalam tatanan kawasan hutan sehat. Adapun untuk Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi meliputi Desa Sidobandung Kecamatan Balen, Desa Bungur Kecamatan Kanor dan Desa Drajat Kecamatan Baureno.(mcb/humas)

Leave a Comment