Share

Tim Geologi Bandung Verifikasi “Geoheritage” Batu Gajah

Bojonegoro, 6/4 (Media Center)- Tim Badan Geologi Bandung mengunjungi potensi onyx batu Gajah di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, juga objek wisata alam “Atas Angin” di Desa Deling, Kecamatan Sekar, untuk verifikasi “geoheritege petroleum”, Kamis.

“Kunjungan Tim Badan Geologi Bandung ke batu Gajah, juga negeri “Atas Angin” untuk memantau keindahan alamnya sebagai dukungan potensi geoheritage petroleum di Bojonegoro,” kata Peneliti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” UPNV Yogyakarta Dr. Jatmika setiawan, di Bojonegoro, Kamis, 6 April 2017.

Selain itu, lanjut dia, tim juga akan mengunjungi sumber air panas juga di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang.

Menurut dia, Tim Verifikasi Geopark Petroleum Badan Geologi yang diketuai Ir. Andiani dan Tim Verifikasi Geoheritage Petroleum yang diketuai Ir. Hanang Samudra, Msc., telah memverifikasi sejumlah potensi geoheritage di Bojonegoro.

Lokasi yang diverifikasi antara lain, Bengawan Solo purba di Desa Prangi dan Tebon, Kecamatan Padangan, Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem dan penambangan sumur minyak tua di Kecamatan Kedewan.

“Dari dokumen potensi goheritage Bojonegoro sudah memenuhi persyaratan,” kata Ketua Tim Verifikasi Geopark Badan Geologi Bandung Ir. Andiani.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Verifikasi Geoheritage Badan Geologi Bandung Ir. Hanang Samudra yang menyebutkan kebutuhan yang perlu ditindaklanjuti yaitu membuat tema geoheritage Bojonegoro.

“Tinggal mencari temanya, karena ibaratnya bahan baju yang ada sudah lengkap, tinggal mencari penjahit yang ahli,” katanya menegaskan.

Tim Peneliti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Dr. Jatmika Setiawan menyatakan pembenahan lokasi potensi geoheritage akan segera dilakukan, dengan memasang tanda di lokasi masuk.

“Misalnya di Kahyangan Api di Kecamatan Ngasem, memang sudah ada tanda tanda, tetapi perlu ditambah,” ucapnya.

Terkait hal itu Badan Geologi Bandung mentargetkan Bojonegoro masuk peringkat geoheritage Nasional bersama Yogyakarta pada 2017.

“Target kami Menteri ESDM bisa menetapkan Bojonegoro dan Yogyakarta masuk peringkat geoheritage Nasional pada 2017,” kata Andiani menegaskan. (*/mcb)

Leave a Comment