Share

‘Tim JIBOM Ledakkan Bom Di Alun-alun Bojonegoro’

Unjuk Rasa menentang hasil Pemilu Legislatif (pileg) berlangsung ricuh di Alun-alun Kota Bojonegoro, Jawa Timur pada Kamis (27/02/2014). Terjadi aksi saling dorong antara massa dengan petugas pengamanan pemilu 2014.

Bojonegoro (Media Center) – Unjuk Rasa menentang hasil Pemilu Legislatif (pileg) berlangsung ricuh di Alun-alun Kota Bojonegoro, Jawa Timur pada Kamis (27/02/2014). Terjadi aksi saling dorong antara massa dengan petugas pengamanan pemilu 2014.

Massa yang mencapai ratusan ini melakukan aksi anarkin dengan melempar tomat, air serta memukulkan poster yang dibawanya ke arah petugas yang berjaga di obyek-obyek vital. Aparat kepolisian yang dikerahkan untuk pengamana pemilu mencapai 1000 petugas yang dibagi di berbagai tempat mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro serta objek vital lainnya.

Petugas yang terdiri dari satuan anti huru hara, polwan, dalmas hingga JIBOM brimob turun tangan untuk mengamankan situasi pasca pileg 2014 ini. Bahkan tim JIBOM berhasil meledakkan dua bom yang ditemukan di Panwas dan salah satu obyek vital di wilayah kota Bojonegoro.

Tim pengamanan pemilu juga berhasil mengamankan anggota Panwas yang sempat disandera oleh beberapa massa pendukung salah satu caleg dan meringkus pelaku. Dalam kejadian ini jatuh satu korban jiwa dan beberapa lainnya menderita luka ringan dan berat akibat tembakan dari petugas, setelah mendapat tembakan peringatan sebanyak tiga kali.

Kerusuhan ini merupakan bagian dari Simulasi sistem pengamanan kota yang digelar oleh Polres Bojonegoro. “Simulasi sispamkota ini dalam rangka latpraops matab brata 2014 Polres Bojonegoro, untuk melatih anggota dalam meredam konflik saat pelaksaan pemilu,” kata Kapolres Bojonegoro AKBP Ady Wibowo.

Seluruh personil kepolisian ikut dalam simulasi tersebut. Berbagai peran diperagakan, termasuk anggota Jibom Brimob, anti huruhara, dalmas, Polwan dan personil lainnya. Simulasi juga melibatkan anggota Kodim, Satpol PP dan instansi lainnya. (lyamcb)

Leave a Comment