Share

Tim Kominfo Jawa Timur Kunjungi Pengrajin Wayang Thengul Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Dinkominfo Jawa Timur mengunjungi pengrajin sekaligus dalang Ki Santoso, seorang maestro kesenian Wayang Thengul. Ki Santoso juga dikenal sebagai pengrajin Wayang Thengul yang bertempat tinggal di Desa Kalangan, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan ini bertujuan mencari potensi wisata yang nantinya akan dipublikasikan melalui media dalam bentuk video maupun teks. Tim Dinkominfo bertemu langsung dengan sang maestro “Wayang Thengul” Ki Santoso.
Seniman yang lahir 76 tahun silam menuturkan saat ini sudah sangat jarang pemuda yang mau menekuni kesenian tradisional khususnya Wayang.

“Sulit menemukan pemuda yang mau melestarikan budaya ini (wayang tengul), kalaupun ada jumlahnya sedikit,” ucap Ki Santoso.

Ia menceritakan, dirinya menekuni dunia seni sejak kelas 5 SD. Ia kemudian dikenal sebagai seorang seniman yang banyak mendapatkan penghargaan. Beberapa piagam penghargaan diantaranya dari Bupati Bojonegoro maupun instansi setempat banyak ia raih.

Selain pengrajin, Ki Santoso juga menerima jika ada yang berminat membeli wayangnya, tentu dengan konsep dan tingkat kerumitan yang diminta menentukan harga yang harus dibayar.

Pungky Setiawan, staf Seksi Kemitraan Komunikasi Publik, Bidang Komunikasi Publik Diskominfo Jawa Timur menjelaskan dengan kegiatan seperti ini diharapkan promosi pariwisata bisa makin gencar dilakukan.

“Yang terpenting itu ada filosofi-filosofi yang terkandung dalam objek”,ujarnya.

Selain itu Ki Santoso berharap adanya pelatihan untuk generasi muda yang berminat menekuni dunia wayang yang nantinya akan di mentori secara langsung oleh Ki Santoso.

“Saya berharap kepada pemerintah untuk mengadakan pelatihan wayang maupun dalang agar kesenian ini tidak punah ditelan zaman,” tutupnya.(Iwan/NN)

Leave a Comment