Share

Tim PKK Kemendagri Nilai Desa Mojodeso Bojonegoro

Bojonegoro, 26/4 (Media Center) – Tim PKK Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro yang mewakili Jawa Timur, dalam lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat Nasional, Rabu.

Pendamping tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur, Umi Yuniati, menjelaskan Tim PKK Kemendagri yang melakukan penilaian yaitu Ny. Ikha Purwandari dan Ny. Rahmawati.

“Saat ini dua personel PKK Kemendagri mulai melakukan penilaian di Desa Mojodeso,” kata dia seraya menambahkan tim dengan pendamping sebelumnya telah bertemua dengan Bupati Bojonegoro Suyoto.

Ia menyebutkan Desa Mojodeso, masuk enam besar tingkat Nasional dalam lingkungan bersih dan sehat tingkat Nasional, sehingga harus bersaing dengan lima desa lainnya mewakili provinsinya masing-masing yang sekarang juga dalam tahap penilaian.

Lima desa lainnya yang juga akan memperoleh penilaian lingkungan bersih dan sehat mewakili provinsi di daerahnya masing-masing yaitu desa di Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Bojonegoro Warsiman menjelaskan penilaian meliputi aspek administrasi dan peran aktif pelaksanaan program KB dan kesehatan yang dirintis sejak 2011.

“Kami mengajak masyarakat ikut berpartisipasi di bidang kebersihan linkungan dan sehat dengan cara keterbukaan anggaran,” jelas dia.

Berdasarkan hal itu, menurut dia, berbagai elemen masyarakat di desanya mulai jajaran pemdes, RT/RW dan masyarakat, ibu kader PKK, dasa wisma terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kegiatan di desanya, lanjut dia, warga mengelola bank sampah, pemanfaatan biopori, pengelolaan air minum, rumah sehat, kebun sehat bergizi posyandu (KSBP), taman posyandu, kebun dasa wisma, Rumah kompos, Kerajinan Limbah Plastik, juga lainnya.
Berdasarkan data menyebutkan Desa Mojodeso, dengan jumlah penduduk 2.243 kepala keluarga (KK) terdiri dari 2.243 jiwa, sebagian besar pekerjaannya petani. (*/mcb)

Leave a Comment