Share

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Kunjungi Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyambut kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional di Rumah Dinas Bupati, Selasa (25/8). Tim ini nantinya akan melakukan penilaian ke beberapa titik yang tersebar di seluruh wilayah Bojonegoro.

Kepala Dinas Kesehatan, Sunhadi, mengatakan, titik pantau yang akan didatangi antara lain di Desa/Kecamatan Margomulyo untuk program ODF, Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan untuk program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander untuk program pengelolaan sampah dan Posyandu Lansia, Kelurahan Banjarjo, Desa Campurejo, Desa Sukorejo, Kelurahan Mojokampung, Kecamatan Bojonegoro untuk program HIPPAM dan Ipal Komunal.

“Sedang Desa Kapas, Plesungan, Mojodeso dan Sukowati, Kecamatan Kapas, untuk program Posyandu, KSBP, ODF, dan Lingkungan Sehat. Selain itu juga Desa Tejo, Kecamatan Kanor untuk program ODF, KIA, dan Lingkungan Sehat,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati, Setyo Hartono, menyampaikan, dengan kehadiran tim ini bisa semakin memberikan motivasi pada jajaran stakeholder, semua SKPD, dan seluruh lapisan masyarakat dalam mewujudkan Kabupaten Sehat.

“Saat ini Bojonegoro masih dalam tahap mengikuti verifikasi kabupaten sehat untuk dua tatanan,” kata dia.

Dua tatanan itu, lanjut Hartono, yaitu kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Bahkan, saat ini Pemkab Bojonegoro terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Beberapa program dan kegiatan yang dilakukan disamping untuk jaminan kesehatan masyarakat, kata Purnawirawan TNI ini, difokuskan untuk peningkatan sarana dan prasarana pelayanan, pencegahan, dan penanggulangan penyakit serta peningkatan peran serta masyarakat.

“Untuk mewujudkan Kabupaten sehat, penyediaan air minum yang aman dan sanitasi yang layak telah dilakukan,” tegasnya.

Dia menyatakan, pembangunan dibidang kesehatan ini merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan program pembangunan secara keseluruhan. Langkah untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat membutuhkan kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi dan kemitraan yang solid antara pemkab, swasta dan masyarakat secara terarah, terkoordinir dan terpadu dan berkesinambungan.(dwi/*mcb)

Leave a Comment