Share

Tinarno Raih Juara I Petugas Paramedik Nasional

Bojonegoro (Media Center) – Tinarno, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, meraih prestasi di tingkat nasional. Ia yang mewakili Jawa Timur berhasil menjuarai lomba petugas paramedik veteriner tingkat nasional.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Subekti, mengatakan, motivasi ini untuk meningkatkan kapasitas kinerjanya dibidang pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat. Hal ini dlakukan mengacu pada program pemerintah national veterinary service.

“Segala kegiatan pelayanan kesehatan hewan akan dipusatkan di puskeswan,” ujarnya.

Tak hanya Tinarno, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kecamatan Dander juga maju ke lomba tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Jawa Timur. Tiga dewan juri yang diketuai oleh Drh. Iwan Sofwan didampingi Drh. Tri Widharetna dan Drh. Chornelly Kusuma Yohana, serta Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur, melakukan verifikasi lapangan, Selasa (1/9).

Subekti melanjutkan, bentuk pelayanan puskeswan Dander terbagi dalam tiga hal yakni pelayanan aktif atau pelayanan yang langsung datang kepada peternak, pelayanan semi aktif dengan penanganan dilakukan setelah ada laporan dari peternak. Sedangkan yang ketiga adalah peternak atau warga mendatangi langsung petugas dipuskeswan untuk konsultasi dan pemeriksaan kesehatan.

Dia menambahkan, untuk jenis pelayanan yang tersedia adalah vaksinasi Avian influensa (AI) & disinfektan. pelayanan kesehatan hewan terpadu gratis dan survey kesehatan hewan, penyuluhan, pelayanan inseminasi buatan dan manajemen pemeliharaan serta teknis produksi dan kewirausahaan.

Dari data yang didapat KanalBojonegoro, wilayah kerja Puskeswan Dander ini meliputi 47 desa di empat kecamatan yakni Kecamatan Dander, Temayang, Sukosewu dan Bubulan.(*mcb)

Leave a Comment