Share

Tingkatkan Minat Baca, Si Mokos Sambangi Pelajar MI

Bojonegoro, Media Center – Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, intens mensosialisasikan keberadaan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial atau Si-Mokos. Kali ini sosialisasi dilaksanakan Koramil 0813/03 Balen kepada pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum 1 Desa Bulu, Rabu (13/03/2019).

Danramil 0813/03 Balen Kapten Inf Kapten Inf Samidi yang diwakili Babinsa Desa Bulu Serda Roni Mustofa di hadapan 125 pelajar menjelaskan Si Mokos berbentuk kendaraan bermotor roda tiga berwarna hijau yang di dalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan beragam seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter, terangnya.

Diharapkan melalui Si-Mokos ini dapat membantu memberikan pemahaman kepada para siswa tentang wawasan kebangsaan yang meliputi nilai-nilai bela negara dan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara atau empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Kehadiran SI-Mokos juga mengenalkan materi kedisiplinan dan memotivasi siswa-siswi untuk gemar membaca. Ini semua untuk menunjang pembentukan karakter bagi para siswa,” tegas Serda Roni Mustofa.

Para siswa tampak sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan. Sebelumnya mereka diajak membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan mini SI-Mokos dan menyaksikan pemutaran film tentang TNI.

Kepala MI Bahrul Ulum 1 Desa Bulu, Saiful Anwar menyampaikan, terima kasih atas kehadiran TNI dari Koramil 0813/03 Balen yang membekali para siswa materi wawasan kebangsaan.

“Semoga melalui kegiatan ini, akan semakin menumbuhkan jiwa dan semangat Cinta Tanah Air serta memperkokoh persatuan dan kesatuan pada diri siswa/siswi MI Bahrul Ulum 1,” harapnya.

Senada disampaikan Sifa, Siswi Kelas Vl MI Bahrul Ulum 1. Dia mengaku senang dan berterimakasih atas kehadiran anggota TNI di sekolahnya. Diharapkan kegiatan ini rutin dilakukan setiap sebulan sekali.

“Terima kasih kami telah mendapat bimbingan yang positif dan sangat berguna dari Bapak TNI,” pungkasnya.(Dwi)

Leave a Comment