Share

Tokoh Adat Samin Beri Cinderamata Untuk Hatta Rajasa

Harjo Kardi, salah satu tokoh adat masyarakat Samin memberi wejangan kepada Menteri Perekonomian Republik Indonesia (Menko RI), Hatta Rajasa saat mengunjungi Kabupaten Bojonegoro, Senin (11/3/2014).

Bojonegoro (Media Center) – Harjo Kardi, salah satu tokoh adat masyarakat Samin memberi wejangan kepada Menteri Perekonomian Republik Indonesia (Menko RI), Hatta Rajasa saat mengunjungi Kabupaten Bojonegoro, Senin (11/3/2014).

Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, MSi. menceritakan jika kedatangan Hatta Rajasa ke Suku Samin disambut baik oleh warga setempat. Bahkan saat pulang Hatta Juga diberi wejangan dan cincin sebagai buah tangan. Kedatangannya itu menurutnya untuk kunjungan kerja.

“lek wani ojok wedi, nek wedi ojok wani-wani” (Kalau berani jangan takut, kalau takut jangan terlalu berani). Itulah kalimat yang disampaikan oleh Mbah Harjo Kardi kepada Hatta. “Tadi juga mendapat cincin sebagai kenang-kenangan dari Mbah Harjo Kardi,” ujar Suyoto.

Sementara itu, Hatta mengaku jika kedatangannya ke Bumi Angling Dharma ini untuk melakukan kunjungan kerja dan tak ada unsur politik. “Tidak ada kaitannya dengan politik. Ini tadi kunjungan kerja dari Solo memberikan kajian ilmiah di universitas 11 Maret,” ujarnya di sela-sela kunjungan.

Selain mengunjungi masyarakat Samin, Hatta Rajasa juga melihat-lihat Lapangan Banyuurip, Blok Cepu. Hatta menjelaskan, dalam kunjungannya ke Suku Samin itu, untuk belajar bagaimana Budaya Masyarakat Samin yang memiliki sifat kejujuran.

“Saya mengagumi masyarakat Samin yang bekerja sama dengan gotong royong. Masyarakat yang seperti itu yang akan kita bangun,” jelasnya.

Adat masyarakat Samin itu yang nantinya akan digunakan untuk membangun Bangsa Indonesia kedepannya. “Kalau mau belajar membangun negara harus belajar dari mbah Harjo tadi,” terangnya. (lyamcb)

Leave a Comment