Share

Tradisi Memetan Awali Sedekah Bumi di Jatiblimbing

Bojonegoro, 10/7 (Media Center) – Tradisi tahunan memetan (mencari ikan beramai-ramai) di sungai bagi warga Desa Jatiblimbing, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro merupakan tradisi yang tak akan lepas dan terus dilakukan setiap tahun. Tradisi memetan biasanya dilakukan sebelum kegiatan sedekah bumi atau yang biasa disebut manganan di desa setempat digelar.

Warga dari berbagai usia tumpah ruah di sungai sepanjang 2 kilometer, mulai dari kali perbatasan desa hingga bendungan Jatiblimbing. Apalagi, saat ini bertepatan dengan libur sekolah jelang Tahun Ajaran baru yang membuat anak-anak turut memeriahkan memetan.

Menurut Leni, salah satu warga mengaku sangat beratusias mengikuti tradisi ini. Sejak kecil, ia dan kawan-kawannya ikut serta berlomba-lomba mencari ikan besar untuk mendapatkan hadiah.

“Yang berhasil menangkap ikan paling besar dapat hadiah Rp500 ribu yang sudah di sediakan kepala desa,” terangnya.

Selain orang dewasa, anak-anak yang turut meramaikan tradisi tersebut tampak sangat senang menda patkan ikan hasil tangkapannya sendiri. Di liburan sekolah kali ini, mereka mendapatkan pengalaman liburan yang unik untuk diceritakan saat masuk sekolah nanti.

Tingkatno, Kepala Desa Jatiblimbing juga turut ikut dalam tradisi memetan, ia memantau keramaian warga yang memenuhi badan sungai. Menurutnya, memetan kali ini jauh lebih ramai daripada tahun lalu. Selain mendapatkan banyak ikan, warga juga membersihkan rumput-rumput serta,sampah yang ada di sungai.

“Harapan saya, tradisi ini harus tetap dilestarikan turut-temurun setiap tahun agar tradisi tersebut selalu bisa disaksikan dan dilakukan oleh anak cucu kita nanti,” ujarnya.(*la/mcb)

Leave a Comment