Share

Transparansi dan Informasi Sangat Diinginkan Masyarakat

Selain dihadiri oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hadir dalam acara itu juga Bupati Bojonegoro yang menjadi pembicara dalam ajang ini. Bupati yang akrab disapa kang Yoto ini mengatakan bahwa salah satu langkah utama yang dijalankan adalah terus berdekatan dengan rakyat, termasuk memanfaatkan kecanggihan elektronik seperti smartphone untuk menginformasikan perkembangan situasi wilayahnya dan menebar inspirasi.

Bojonegoro (Media Center) – Transparansi informasi semakin menjadi tuntutan masyarakat di era modern seperti ini. Hal itu disampaikan oleh Rakesh Rayani, Ketua Organisasi Masyarakat Sipil (Civil Sosiety Organization/ CSO) saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara Open Goverment Partnership (OGP) regional Asia Pasifik di Nusa Dua Bali, Selasa (6/5/2014).

Dihadapan ratusan delegasi dari berbagai negara ini, ia mengatakan bahwa ada  4 ciri pemerintahan terbuka yakni pemerintah yang mendengarkan (listening goverment), pemerintah yang mengiformasikan dan mendidik, pemerintahan yang terbuka dan selalu berhubungan erat dengan warga, serta pemerintah yang melindungi semua masyarakat (protect all people).

Selain dihadiri oleh presiden  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hadir dalam acara itu juga Bupati Bojonegoro  yang menjadi pembicara dalam ajang ini. Bupati yang akrab disapa kang Yoto ini mengatakan bahwa salah satu langkah utama yang dijalankan adalah terus berdekatan dengan rakyat, termasuk memanfaatkan kecanggihan elektronik seperti smartphone untuk menginformasikan perkembangan situasi wilayahnya dan menebar inspirasi.

“Meski ada teknologi komunikasi, saya yang tetap menganggap tatap muka langsung dengan warga sangat luar biasa  manfaatnya,” ucapnya dihadapan ratusan peserta OGP.

Kang Yoto menilai tatap muka langsung juga bisa mencegah terjadinya korupsi karena percakapan disaksikan langsung di depan umum, termasuk saat menatap langsung wajah masyarakat.  “Pejabat pemerintah harus serius dalam akuntabilitas, mereka tidak berani main-main, karena hal itu langsung berhadapan dengan masyarakat,” tegasnya. (*/lih/lyamcb)

Leave a Comment